MANAJEMEN PERPUSTAKAAN DALAM MENINGKATKAN MINAT BACA SISWA DI SD MA’ARIF PONOROGO TAHUN AJARAN 2015/2016

Kharis Syuhud Mujahada, NIM: 1420421007 (2016) MANAJEMEN PERPUSTAKAAN DALAM MENINGKATKAN MINAT BACA SISWA DI SD MA’ARIF PONOROGO TAHUN AJARAN 2015/2016. Masters thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (MANAJEMEN PERPUSTAKAAN DALAM MENINGKATKAN MINAT BACA SISWA DI SD MA’ARIF PONOROGO TAHUN AJARAN 2015/2016)
1420421007_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (MANAJEMEN PERPUSTAKAAN DALAM MENINGKATKAN MINAT BACA SISWA DI SD MA’ARIF PONOROGO TAHUN AJARAN 2015/2016)
1420421007_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Peningkatan kualitas pendidikan bukanlah tugas yang ringan karena tidak hanya berkaitan dengan permasalahan teknis, tetapi mencakup berbagai persoalan yang sangat rumit dan kompleks, baik yang menyangkut perencanaan, pendanaan, maupun efisiensi dan efektifitas penyelenggaraan sistem sekolah. Peningkatan kualitas pendidikan juga menuntut manajemen pendidikan yang lebih baik.2 Dengan demikian, upaya peningkatan kualitas pendidikan harus dimulai dengan pembenahan manajemen sekolah, disamping peningkatan kualitas guru juga pengembangan sumber belajar. Manajemen sekolah merupakan suatu kegiatan sekolah yang memiliki nilai filosofi yang tinggi, ia harus dapat mencapai tujuan sekolah secara efektif dan efisien. Pada hekekatnya upaya tersebut dilakukan untuk meningkatkan performansi (kinerja) sekolah dalam pencapaian tujuan- tujuan pendidikan, baik tujuan nasional maupun lokal institusional. Keberhasilan tersebut akan tampak dari beberapa faktor sebagai indikator kinerja yang berhasil dicapai oleh sekolah. Kepala sekolah dituntut untuk mampu secara maksimal melaksanakan tugas dan fungsinya dalam mengelola berbagai aspek komponen sekolah untuk mencapai tujuan sekolah yang telah dirumuskan. Pelaksanaan manjemen perpustakaan sekolah SD Ma’arif Ponorogo meliputi : a. Perencanaan perpustakaan dilakukan dengan cara menentukan visi misi, mementukan tujuan dan sasaran, serta menentukan rencana operasional. b. Pengadaan bahan pustaka SD Ma’arif Ponorogo dilakukan dengan cara sumbangan pemerintah, sumbangan para alumni dan para guru guru SD Ma’arif Ponorogo. c. Pengelolaan bahan pustaka SD Ma’arif Ponorogo dilakukan dengan cara di inventarisasi, pengklasifikasian serta katalogisasi serta penyusunan buku secara rapi pada rak-rak buku yang ada di perpustakaan. Perawatan dan pemeliharaan bahan pustaka dilakukan dengan cara menyampuli kembali buku buku yang rusak serta menjaga kebersihannya dengan dibersihkan menggunakan vacum cleaner. d. Pemakaian perpustakaan tidak hanya digunakan sebagai wahana baca peningkat minat belajar siswa, namun perpustakaan juga dipergunakan oleh para guru untuk melaksanakan KBM dalam hal menambah wawasan serta pemahaman terhadap materi pelajaran tertentu. 2. Strategi yang digunakan pustakawan dalam meningkatkan minat baca siswa siswi SD Ma’arif Ponorogo adalah: a. Dengan cara membuat slogan di area perpustakaan guna menarik siswa untuk gemar membaca sehingga tujuan perpustakaan dalam meningkatkan minat baca dapat tercapai. b. Dengan cara mengadakan buku baru yang selalu ada dalam papan pengumuman. c. Menciptakan suasana nyaman serta memberikan fasilitas yang membuat siswa tertarik mengunjungi perpustakaan serta menumbuh kembangkan minat baca siswa. 3. Upaya optimalisasi fungsi perpustakaan dalam meningkatkan minat baca siswa dilakukan dengan cara memaksimalkan fungsi fungsinya yang terdiri dari fungsi edukatif, fungsi informatif, fungsi rekreatif, fungsi riset serta fungsi tanggung jawab administratif perpustakaan yang semua diarahkan dalam peningkatan minat baca siswa SD Ma’arif Ponorogo. Minat baca siswa cenderung mengalami peningkatan secara signifikan dari tahun ke tahun sehingga dapat dikatakan bahwa fungsi perpustakaan dapat berjalan secara maksimal

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Dr. Mahmud Arif, M.Ag
Uncontrolled Keywords: Manajemen perpustakaan
Subjects: Pendidikan Islam (Pesantren)
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Guru MI
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 15 Dec 2016 08:16
Last Modified: 15 Dec 2016 08:16
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/22705

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum