KONSEP PEMBELAJARAN BERBASIS EDUTAINMENT DALAM KURIKULUM SD/MI 2013

NANDA RAHAYU AGUSTIA, NIM. 1420421019 (2016) KONSEP PEMBELAJARAN BERBASIS EDUTAINMENT DALAM KURIKULUM SD/MI 2013. Masters thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (KONSEP PEMBELAJARAN BERBASIS EDUTAINMENT DALAM KURIKULUM SD/MI 2013)
1420421019_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (KONSEP PEMBELAJARAN BERBASIS EDUTAINMENT DALAM KURIKULUM SD/MI 2013)
1420421019_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Proses pembelajaran dalam kurikulum SD/MI 2013 diselenggarakan secara interaktif, insfiratif, menyenangkan, menantang, dan memotivasi siswa untuk berpartisipasi aktif, serta memberikan ruang yang cukup bagi prakarsa, krativitas, dan kemandirian sesuai bakat, minat dan perkembangan fisik serta psikologis siswa. Hal ini senada dengan konsep pembelajaran yang terdapat dalam konsep edutainment. Untuk itu dari hasil penelitian yang dilakukan oleh peneliti dapat dideskripsikan dalam dua bentuk analisis yaitu: Pertama, Nuansa edutainment dalam konsep pembelajaran pada kurikulum SD/MI 2013. Hal ini terlihat pada upaya menciptakan iklim belajar yang kondusif. Upaya menyiapkan ruang kelas yang menyediakan fasilitas belajar yang menyenangkan dan tidak membosankan, yaitu dengan menggunakan bungabunga segar dan aneka warna. Dinding-dinding dihiasi dengan berbagai poster berwarna. Selanjutnya, dianjurkan juga memanfaatkan music untuk menciptakan suasana yang kondusif. Jika hal tersebut dapat direalisasikan, maka ruang kelas tidak akan pernah sepi dan membosankan. Selanjutnya pembelajaran yang menyenangkan adalah proses pembelajaran yang memberi kesempatan kepada peserta didik untuk berperan aktif dalam proses pembelajaran. Proses pembelajaran harus juga harus mementingkan minat, emosi serta melibatkan semua indera dan pikiran peserta didik dalam aktivitas belajar. Sehingga peserta didik merasa relaks dan tidak menegangkan dan dapat menikmati setiap proses yang terjadi dalam pembelajaran agar mendapatkan hasil belajar yang baik. Kedua, Aplikasi Konsep pembelajaran berbasis edutainment dalam kurikulum SD/MI 2013 dapat dilakukan dengan langkah-langkah sebagai berikut: pertama, menciptakan suasana yang mendorong peserta didik siap belajar, Kedua, mengenali gaya belajar peserta didik. Ketiga, menerapkan pembelajaran aktif dan Keempat, menerapkan pembelajaran berbasis aktivitas dan pikiran. Kata Kunci : Pembelajaran, Edutainment, Kurikulum SD/MI 2013

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Prof. Dr. Hamruni, M.Si
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran, Edutainment, Kurikulum SD/MI 2013
Subjects: Pendidikan Islam (Pesantren)
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Guru MI
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 02 Dec 2016 08:16
Last Modified: 02 Dec 2016 08:16
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/22706

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum