PERAN KEPALA MADRASAH DALAM PENGEMBANGAN MUTU PENDIDIKAN DI MI AL-KHOIRIYAH PLERET BANTUL

SIWI RAHAYU, NIM : 1420421030 (2016) PERAN KEPALA MADRASAH DALAM PENGEMBANGAN MUTU PENDIDIKAN DI MI AL-KHOIRIYAH PLERET BANTUL. Masters thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (PERAN KEPALA MADRASAH DALAM PENGEMBANGAN MUTU PENDIDIKAN DI MI AL-KHOIRIYAH PLERET BANTUL)
1420421030_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (PERAN KEPALA MADRASAH DALAM PENGEMBANGAN MUTU PENDIDIKAN DI MI AL-KHOIRIYAH PLERET BANTUL)
1420421030_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini berlatar belakang pada kondisi MI Al-Khoiriyah Pleret Bantul selama lima tahun ini secara kualitas maupun kuantitasnya semakin meningkat. Tujuan penelitian adalah untuk mendeskripsikan pengembangan mutu pendidikan, peran kepala madrasah dalam pengembangan mutu pendidikan, hasil/target pencapaian yang diperoleh kepala madrasah dalam pengembangan mutu pendidikan dan mendeskripsikan faktor-faktor pendukung dan penghambat pengembangan mutu pendidikan di MI Al-Khoiriyah Pleret Bantul. Metode yang digunakan yaitu deskriptif kualitatif untuk memperoleh gambaran tentang peran kepala sekolah dalam proses pengembangan mutu sekolah di MI Al-Khoiriyah, hal ini karena metode penelitian kualitatif adalah metode penelitian yang digunakan untuk meneliti obyek yang alamiah (lawannya adalah eksperimen), dimana peneliti merupakan instrumen kunci, tehnik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik observasi, wawancara dan dokumentasi terhadap subjek penelitian yang dilakukan secara triangulasi (gabungan), analisis data bersifat induktif. Dari pembahasan dapat diketahui bahwa secara singkat bahwa Kepala MI Al-Khoiriyah berperan aktif dalam pengembangan mutu pendidikan dengan program–programnya. Program unggulan yang dilaksanakan antara lain program tahfidz, program pencapaian nilai maksimal ujian akhir kelas 6, program peningkatan mutu siswa kelas 1-5 baik dari sisi akademik dan non akademik, program pembiasaan, program pengembangan diri, program pengembangan sarpras. Pengembangan mutu input dimulai dari sosialisasi kepada masyarakat dengan kegiatan harlah, jalan sehat, mujahadah, berbagai lomba untuk siswa TK untuk menarik animo masyarakat menyekolahkan anaknya di MI Al-Khoiriyah. Pengembangan mutu proses terdiri dari peningkatan mutu pembelajaran, mutu layanan pada siswa dan peningkatan mutu sarana dan prasarana. Pengembangan program yang telah ada yaitu pengembangan mutu guru dan tenaga kependidikan, pengembangan peran komite dan masyarakat. Rencana yang dibuat, dilaksanakan, dan dievaluasi secara menyeluruh oleh kepala madrasah baik sebagai edukator, administrator, manajer, motivator. Kerjasama tim dalam memajukan madrasah bersama stakeholder mampu membawa MI Al-Khoiriyah semakin maju dan berkembang dari input, proses, dan output. Kata Kunci : Peran Kepala Madrasah, Pengembangan Mutu.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Dr. Subiyantoro, M.Ag.
Uncontrolled Keywords: Peran Kepala Madrasah, Pengembangan Mutu.
Subjects: Pendidikan Islam (Pesantren)
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Guru MI
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 02 Dec 2016 08:16
Last Modified: 02 Dec 2016 08:16
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/22711

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum