NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM BUKU AJAR SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM (SKI) KELAS V DAN VI MADRASAH IBTIDAIYAH (STUDI KOMPARATIF BUKU AJAR TIGA SERANGKAI DENGAN THOHA PUTRA)

ERIKA DWI CAHYANTI, NIM. 10120089 (2016) NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM BUKU AJAR SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM (SKI) KELAS V DAN VI MADRASAH IBTIDAIYAH (STUDI KOMPARATIF BUKU AJAR TIGA SERANGKAI DENGAN THOHA PUTRA). Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM BUKU AJAR SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM (SKI) KELAS V DAN VI MADRASAH IBTIDAIYAH (STUDI KOMPARATIF BUKU AJAR TIGA SERANGKAI DENGAN THOHA PUTRA))
1420420020_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (13MB) | Preview
[img] Text (NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM BUKU AJAR SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM (SKI) KELAS V DAN VI MADRASAH IBTIDAIYAH (STUDI KOMPARATIF BUKU AJAR TIGA SERANGKAI DENGAN THOHA PUTRA))
1420420020_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk: (a) menyebutkan dan menjelaskan nilai-nilai pendidikan karakter dalam buku ajar Sejarah kebudayaan Islam kelas 5 dan 6 Madrasah Ibtidaiyah terbitan Tiga Serangkai dan Toha Putra, (b) menjelaskan perbedaan buku ajar Sejarah Kebudayaan Islam dari kedua buku penerbit, dan (c) menjelaskan alasan munculnya perbedaan nilai karakter yang dikembangkan oleh buku ajar terbitan Tiga Serangkan dan buku ajar terbitan Toha Putra. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan filosofis. Pendekatan filosofis adalah suatu pendekatan untuk menelaah dan memecahkan masalahmasalah pendidikan dengan menggunakan metode filsafat. Sumber data yang digunakan adalah data sekunder. Teknik pengumpulan data yang digunakan oleh penulis adalah library research (studi pustaka). Analisis data menggunakan analisis isi (content analysis), yaitu menggali nilai-nilai pendidikan karakter dalam buku ajar SKI. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat kandungan nilai-nilai pendidikan karakter dalam buku ajar SKI kelas V dan VI terbitan Tiga Serangkai dan Toha Putra. Pada buku ajar SKI kelas V, nilai-nilai pendidikan karakter didominasi oleh buku ajar Tiga Serangkai dengan 11 nilai karakter, yaitu nilai religius, toleransi, disiplin, kerja keras, demokratis, peduli sosial, bersahabat atau komunikatif, menghargai prestasi, mandiri, cinta damai, dan tanggung jawab. Pada buku ajar Toha Putra terkandung 9 nilai karakter meliputi nilai religius, toleransi, kerja keras, bersahabat atau komunikatif, kreatif, cinta damai, disiplin, demokratis, dan tanggung jawab. Sementara itu, pada buku SKI kelas VI terbitan Tiga Serangkai dan Toha Putra sama-sama mengandung 14 nilai pendidikan karakter. Pada buku ajar Tiga Serangkai meliputi: nilai religius, jujur, demokratis, tanggung jawab, kerja keras, toleransi, peduli sosial, semangat kebangsaan, bersahabat atau komunikatif, menghargai prestasi, kreatif, rasa ingin tahu, disiplin, dan cinta tanah air. Pada buku ajar SKI terbitan Toha Putra meliputi nilai religius, menghargai prestasi, disiplin, jujur, peduli sosial, demokratis, kerja keras, bersahabat atau komunikatif, rasa ingin tahu, kreatif, tanggung jawab, cinta damai, toleransi, dan semangat kebangsaan. Faktor-faktor munculnya perbedaan dalam pengembangan nilainilai pendidikan karakter antara buku ajar SKI Tiga Serangkai sebagaimana yang ditulis oleh Sugeng Sugiharto dengan buku ajar Toha Putra oleh Rusli Ishaq dan Bahroin Suryantara terdiri dari dua faktor, yaitu: (a) pemilihan atau penggunaan sumber acuan, dan (b) sudut pandang atau fokus penceritaan.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Dr. Ahmad Arifi, M.Ag.,
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Karakter, dan Kebudayaan Islam
Subjects: Pendidikan Islam (Pesantren)
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Guru MI
Depositing User: H. Zaenal Arifin, S.Sos.I., S.IPI.
Date Deposited: 28 Nov 2016 10:18
Last Modified: 28 Nov 2016 10:18
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/22719

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum