UPAYA PENINGKATAN MUTU LULUSAN DI SMA ISLAM 1 YOGYAKARTA

Agus Rohmadi, NIM.: 03470583 (2008) UPAYA PENINGKATAN MUTU LULUSAN DI SMA ISLAM 1 YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (UPAYA PENINGKATAN MUTU LULUSAN DI SMA ISLAM 1 YOGYAKARTA)
BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (UPAYA PENINGKATAN MUTU LULUSAN DI SMA ISLAM 1 YOGYAKARTA)
BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian dalam rangka penyusunan skripsi ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar upaya yang dilakukan SMA Islam 1 Yogyakarta dalam peningkatan mutu lulusan serta mengetahui faktor pendukung dan penghambat dalam peningkatan mutu lulusan di SMA Islam 1 Yogyakarta. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan atau kancah (field research). Subjek penelitian ini adalah Kepala Sekolah dan semua guru SMA Islam 1 Yogyakarta. Penentuan responden untuk subjek penelitian Kepala Sekolah dilakukan dengan menggunakan metode interview, sedangkan subjek penelitian Guru-guru dilakukan dengan menggunakan metode angket atau kuesioner. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode observasi, wawancara, angket, dan dokumentasi. Sedangkan dalam menganalisis data dilakukan dengan mengunakan analisis data kualitatif dan analisis data kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bentuk-bentuk upaya yang dilakukan SMA Islam 1 Yogyakarta dalam rangka peningkatan mutu lulusan antara lain mengembangkan Visi, misi dan startegi serta program kerja; meningkatkan kemampuan aplikasi PBM; meningkatkan kemampuan guru seperti mengirim guru untuk mengikuti kegiatan akademik di luar sekolah seperti undangan kegiatan seminar, MGMP; memperluas kepemimpinan partisipatif melalui rapatrapat; mengembangkan budaya kerja; mempersiapkan infrastruktur yang lebih baik; mengembangkan kultur sekolah yang positif. Dan secara umum faktor pendukung yang paling kuat di SMA Islam 1 Yogyakarta yakni pada aspek siswa ingin menjadi pandai, data persentase menunjukkan sebesar 100 % dari 29 responden, sedangkan faktor penghambat yang paling kuat terletak pada aspek: kurang pemanfaatan sarana pendidikan, data persentase menunjukkan sebesar 93,10 % dari 27 responden.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Supervisor: Pembimbing: Dra. Siti Johariyah, M. Pd,
Uncontrolled Keywords: Peningkatan Mutu, Model Peningkatan, Sekolah
Subjects: Kependidikan Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Kependidikan Islam (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 09 Dec 2024 15:32
Last Modified: 09 Dec 2024 15:35
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/2276

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum