EFEKTIVITAS PERMAINAN ULAR TANGGA MATEMATIKA TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN BERHITUNG SISWA KELAS III MI SULTAN AGUNG TAHUN AJARAN 2015/2016

WINDA NUR ZULFA, NIM.12480063 (2016) EFEKTIVITAS PERMAINAN ULAR TANGGA MATEMATIKA TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN BERHITUNG SISWA KELAS III MI SULTAN AGUNG TAHUN AJARAN 2015/2016. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (EFEKTIVITAS PERMAINAN ULAR TANGGA MATEMATIKA TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN BERHITUNG SISWA KELAS III MI SULTAN AGUNG TAHUN AJARAN 2015/2016)
12480063_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (EFEKTIVITAS PERMAINAN ULAR TANGGA MATEMATIKA TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN BERHITUNG SISWA KELAS III MI SULTAN AGUNG TAHUN AJARAN 2015/2016)
12480063_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas permainan ular tangga matematika baik secara kuantitatif maupun kualitatif. Secara kuantitatif dilihat dari peningkatan kemampuan berhitung siswa, sedangkan secara kualitatif dilihat dari sikap siswa selama pembelajaran matematika. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu (quasi experiment). Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas III MI Sultan Agung Tahun Ajaran 2015/2016 yang terdiri dari 2 kelas yaitu kelas III A sebagai kelas kontrol dan kelas III B sebagai kelas eksperimen. Pengumpulan data menggunakan metode tes, wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan “uji t”. Hasil penelitian secara kuantitatif menunjukkan bahwa ada kenaikan nilai rata-rata pada kelas eksperimen, dibanding kelas kontrol. Dari pre test ke post test pada kelas eksperimen menunjukkan angka kenaikan dari 56.07 menjadi 71.55, sedangkan pada kelas eksperimen meningkat 56,41 menjadi 56,50. Pengujian dengan uji t” taraf signifikansi 5%, diperoleh hasil thitung = 2,93 ≥ ttabel, = 2,01, maka Ho ditolak dan Ha diterima. Hal ini berarti bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara nilai rata-rata kelas eksperimen dan nilai rata-rata kelas kontrol, yaitu nilai rata-rata kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan nilai rata-rata kelas kontrol. Hasil penelitian secara kualitatif menunjukkan ketertarikan siswa kelas eksperimen terhadap pembelajaran matematika dengan permainan ular tangga matematika ini lebih baik dibandingkan dengan kelas kontrol.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dra. Endang Sulistyowati, M.Pd.I
Uncontrolled Keywords: Efektivitas, Permainan Ular Tangga Matematika, Kemampuan Berhitung, Eksperimen, Uji T.
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 01 Dec 2016 13:16
Last Modified: 01 Dec 2016 13:16
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/22790

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum