INTRA QUR’ANIC INTERPRETATION (STUDI ATAS METODE ANALISIS STRUKTURAL NEAL ROBINSON TERHADAP KOHERENSI UNIT-UNIT AL-QUR’AN MELALUI STRUKTUR SURAH)

MAUIDZOH HASANAH, STHI, NIM. 1120510071 (2016) INTRA QUR’ANIC INTERPRETATION (STUDI ATAS METODE ANALISIS STRUKTURAL NEAL ROBINSON TERHADAP KOHERENSI UNIT-UNIT AL-QUR’AN MELALUI STRUKTUR SURAH). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (INTRA QUR’ANIC INTERPRETATION (STUDI ATAS METODE ANALISIS STRUKTURAL NEAL ROBINSON TERHADAP KOHERENSI UNIT-UNIT AL-QUR’AN MELALUI STRUKTUR SURAH))
1120510071_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (9MB) | Preview
[img] Text (INTRA QUR’ANIC INTERPRETATION (STUDI ATAS METODE ANALISIS STRUKTURAL NEAL ROBINSON TERHADAP KOHERENSI UNIT-UNIT AL-QUR’AN MELALUI STRUKTUR SURAH))
1120510071_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Di mata para sarjana barat yang mengkaji al-Qur‘an, bahasa yang terkandung dalam teks al-Qur‘an akan menjadi objek kajian yang selalu menarik untuk di teliti. Kajian kesarjanaan barat dalam hal kosa kata, sintaksis, maupun stilistika al-Qur‘an menjadi beberapa model bahan yang dikaji dengan tidak lepas dari prasangka mengenai adanya karakter diskontinuitas dalam al-Qur‘an serta ketidaksistematisan struktur unitnya. Untuk menjawab tuduhan tersebut, Robinson hadir menawarkan sebuah solusi dari pembacaanya secara diakronis-sinkronis. Penelitian Robinson berpijak pada pembagian kronologi penurunan al-Qur‘an yang dilakukan oleh Noldekë dan Schwally terhadap ayat-ayat makkiyah dan madaniyah. Ia juga merumuskan six-registers formulae yang ia gunakan untuk sebagai panduan menganalisis komposisi surat-surat dalam al-Qur‘an (khususnya yang di klaim Noldekë sebagai surat makkiyah). Selain itu ia juga menggunakan feature linguistik seperti peran suara, chiasmus, serta penggunaan teori komunikasi untuk membaca konsep iltifāt. Ia menemukan bahwa susunan ayatayat dalam surat yang diklaim Noldekë sebagai surat makkiyah lebih sederhana dibandingkan dengan susunan surat madaniyah yang dianggapnya lebih kompleks dan rumit untuk diuraikan. Melalui analisis susunan ayat tersebut, Ia menemukan bahwa ada hubungan kohesif-koherensif yang terbangun dalam setiap surat al- Qur‘an. Untuk itu, cara yang paling sesuai untuk digunakan dalam mendekati al- Qur‘an adalah dengan melalui jalur dalam (intra-Qur‘ani). Dengan menggunakan metode deskriptif-analitis digabung dengan penggunaan teori strukturalisme yang dijadikan sebagai panduan untuk membedah pemikiran Robinson, penulis menemukan bahwa teori Robinson memang masih jauh dari sempurna, terutama mengenai enam formula yang dicanangkannya untuk membaca sekat-sekat yang ada pada surat makkiyyah karena tidak semua surat al-Qur‘an mempunyai keseragaman pola struktur. Selain itu, karena absennya pembahasan Robinson mengenai pola-pola relasi, terkadang realsi yang ia bangun untuk menghubungkan bagian satu dengan lainnya tidak begitu kokoh sehingga menimbulkan adanya kecurigaan bahwa relasi tersebut hanyalah karangan Robinson belaka. Jika dilihat secara mendalam, sepertinya Robinson hanya mengandalkan pada pencarian relasi melalui fitur-fitur linguistik dengan mengabaikan hubungan tematis yang ada di dalamnya, sehingga terkadang ada pemecahan divisi dalam satu tema yang sama. Namun jika kekurangankekurangan tersebut disempurnakan dan kemudian dikembangkan menjadi konsep yang lebih komprehensif, sepertinya metode ini bisa menjadi sebuah model pijakan bagi model pembacaan al-Qur‘an lainnya. Diantaranya untuk basis bagi pencarian konteks penggunaan ayat dalam penafsiran tematik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. H. Abdul Mustaqim, M.Ag.
Uncontrolled Keywords: intra qur’anic interpretation, metode analisis struktural neal robinson, koherensi unit-unit al-qur’an
Subjects: Agama Dan Filsafat
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Agama dan Filsafat
Depositing User: H. Zaenal Arifin, S.Sos.I., S.IPI.
Date Deposited: 01 Dec 2016 14:05
Last Modified: 01 Dec 2016 14:05
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/22794

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum