PERAN PEREMPUAN DALAM AL-QUR’AN (Studi Epistemologi Penafsiran Amina Wadud dan Zaitunah Subhan terhadap Isu Gender)

Helfina Ariyanti, NIM: 1420510041 (2016) PERAN PEREMPUAN DALAM AL-QUR’AN (Studi Epistemologi Penafsiran Amina Wadud dan Zaitunah Subhan terhadap Isu Gender). Masters thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (PERAN PEREMPUAN DALAM AL-QUR’AN (Studi Epistemologi Penafsiran Amina Wadud dan Zaitunah Subhan terhadap Isu Gender))
1420510041_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img] Text (PERAN PEREMPUAN DALAM AL-QUR’AN (Studi Epistemologi Penafsiran Amina Wadud dan Zaitunah Subhan terhadap Isu Gender))
1420510041_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Islam sebagai agama rahmatan lil ‘ālamīn menurut para mufasir membawa misi untuk mewujudkan kemaslahatan dan keadilan bagi seluruh makhluk termasuk bagi manusia. Namun, ajaran Islam yang ideal tersebut tidak dibarengi dengan implementasi para penganutnya. Dikotomi peran antara lakilaki dan perempuan semakin meruncing dengan adanya penafsiran yang bias gender termasuk penafsiran oleh mufasir laki-laki. Karenanya, kajian tentang perempuan dalam Islam menjadi penting sebagai upaya untuk mengungkap pandangan Islam tentang peran laki-laki dan perempuan. Amina Wadud dan Zaitunah Subhan adalah dua tokoh yang melakukan upaya konkret untuk mengkaji konsep kesetaraan laki-laki dan perempuan dalam al-Qur’an. Fokus masalah yang dikaji pada penelitian ini meliputi, a) struktur epistemologi penafsiran keduanya; b) intisari penafsiran tentang peran perempuan; dan c) komparasi penafsiran, Penelitian ini termasuk dalam penelitian kepustakaan dengan sumber data primer yakni karya Amina Wadud (Qur’an and Women) dan Zaitunah Subhan (Tafsir Kebencian) dan karya lain keduanya terkait al-Qur’an dan perempuan. Sumber sekunder yakni sumber tertulis lain yang relevan dengan penelitian ini. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif dan analisis komparatif yakni uraian terhadap pemikiran keduanya serta komparasi pemikiran dengan menggunakan teori epistemologi tafsir. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa sumber penafsiran Amina dan Zaitunah yakni al-Quran, konteks (baik konteks masa lalu maupun masa kini) dan ilmu bahasa. Zaitunah memiliki tambahan sumber yakni hadis, konteks Indonesia, dan pendapat tokoh lain. Sumber penafsiran yang ditekankan keduanya yakni konteks. Metode penafsiran Amina yaitu hermeneutika tauhid yang dipengaruhi oleh Fazlur Rahman sementara Zaitunah dengan metode deduktif-induktif serta metode mauḍ’ūi yang dirumuskan al-Farmawi dan tambahan langkah penafsiran dari Zaitunah sendiri. Validitas penafsiran mereka benar secara korespondensi karena mereka berupaya mengungkap prinsip al-Qur’an tentang keadilan gender dan membumikan dalam realitas empiris. Mereka menekankan pentingnya penafsiran yang secara pragmatisme mampu menjawab problem kesetaraan gender dengan menghasilkan penafsiran yang tidak bias dan adil gender Penafsiran tentang peran perempuan dilandasi pandangan yang sama bahwa sebagai hamba, laki-laki dan perempuan tidak dipandang dari jenis kelamin, tapi dilihat ketakwaannya. Dalam peran rumah tangga dan peran publik, laki-laki dan perempuan mesti dapat saling bekerja sama dan menghargai. Tidak ada yang berhak menindas, mendominasi, atau melarang laki-laki maupun perempuan untuk mengembangkan potensi dirinya. Al-Qur’an tidak menentukan peran spesifik bagi laki-laki dan perempuan dalam sistem sosial. Secara umum penafsiran keduanya sama karena prinsip utama yang dipegang adalah kesetaraan laki-laki dan perempuan. Perbedaan muncul pada sumber pendukung penafsiran, metode penafsiran, pertimbangan konteks sosio-historis, dan fokus penafsiran

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Dr. Inayah Rohmaniyah, S.Ag, M.Hum, MA.
Uncontrolled Keywords: Wanita Islam, perempuan, genser
Subjects: Agama Dan Filsafat
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Agama dan Filsafat
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 13 Dec 2016 08:15
Last Modified: 13 Dec 2016 08:15
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/22803

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum