KISAH NABI MUSA DAN ‘ABD DI DALAM ALQURAN (Studi Analisis Semiotika, Patologi Sosial, dan Epistemologi Abid al- Jabiri)

Muhammad Agus Mushodiq, NIM: 1420510054 (2016) KISAH NABI MUSA DAN ‘ABD DI DALAM ALQURAN (Studi Analisis Semiotika, Patologi Sosial, dan Epistemologi Abid al- Jabiri). Masters thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (KISAH NABI MUSA DAN ‘ABD DI DALAM ALQURAN (Studi Analisis Semiotika, Patologi Sosial, dan Epistemologi Abid al- Jabiri))
1420510054_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (KISAH NABI MUSA DAN ‘ABD DI DALAM ALQURAN (Studi Analisis Semiotika, Patologi Sosial, dan Epistemologi Abid al- Jabiri))
1420510054_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Tesis ini berjudul “Kisah Nabi Musa dan ‘Abd di dalam Alquran (Studi Analisis Semiotika, Patologi Sosial, dan Epistemologi Abid al-Jabiri)”. Penelitian ini bertujuan untuk mencari makna tanda dari Kisah Nabi Musa dan ‘Abd di dalam Alquran. Untuk itu diperlukan interpretasi makna secara holistik sebagai sebuah tanda. Hal tersebut selaras dengan pendapat yang dikemukakan Nur Kholis Setiawan bahwa Alquran -secara umum- mengandung banyak tanda yang harus disingkap dan dikaji maknanya. Bahkan dia menambahkan bahwa istilah āyat yang terdapat di dalam Alquran sangat berkaitan dengan ilmu semiotika modern. Di sisi lain penelitian ini juga dimaksudkan untuk melihat hakikat perbuatan ‘Abd yang disinyalir melahirkan kontroversi. Berdasarkan hal tersebut, penulis memandang bahwa teori semiotika yang dirumuskan oleh Charles Sanders Peirce dapat digunakan untuk menganalisis tanda-tanda yang terdapat pada kisah Nabi Musa dan ‘Abd di dalam Alquran, khususnya yang terdapat di dalam Surat al-Kahfi sehingga akan ditemukan makna dari nilai-nilai yang disuguhkan kisah. Peirce memandang tanda sebagai sebuah struktur triadik. Adapun tiga dimensi yang membangun struktur tersebut ialah; representament, object, dan interpretant. Dengan demikian peneliti berusaha sedetail dan seruntut mungkin mengkaji setiap tanda dari setiap sudut bangun segitiga tersebut. Peneliti memilah peristiwa-peristiwa yang membangun kisah dan menganalisis tanda secara intensif dan bertahap pada setiap peristiwa sehingga ditemukan makna umum atau argument mayor. Di sisi lain peneliti juga menggunakan teori patologi sosial dan Epistemologi Abid al-Jabiri untuk menganalisis peristiwaperistiwa kontroversial di dalamnya. Adapun hasil yang ditemukan dari penelitian ini tertuju pada makna argument mayor yaitu, tujuan Kisah Nabi Musa dan ‘Abd di dalam Alquran memiliki dua tujuan/makna dasar yaitu, sebagai zikra „pengingat‟ dan rusyda „petunjuk‟. Jika kisah tersebut dikaitkan dengan alasan diperintahkannya Nabi Musa menemui ‘Abd maka makna dari kisah tersebut adalah sebagai zikra „pengingat‟ bagi Nabi Musa bahwa tidak ada manusia paling pandai di dunia. Adapun jika kisah tersebut dilepaskan dari alasan di atas, maka tujuan atau makna dari kisah tersebut adalah sebagai rusyda „petunjuk‟ bagi umat manusia untuk dapat bersabar atas seluruh ketetapan yang digariskan oleh Allah SWT untuk mereka. Adapun dari segi patologi sosial terungkap bahwa perilaku yang dilakukan ‘Abd merupakan perilaku deviasi situasional sehingga pelakunya tidak masuk dalam kategori pelaku patologis. Adapun dari segi Epistemologi al-Jabiri tampak bahwa Nabi Musa menggunakan nalar bayani dan burhani dalam merespon ‘Abd. Sedangkan ‘Abd menggunakan nalar bayani, burhani, ‘irfani, dan peseudo ‘irfani dalam melakukan perbuatannya. Kata kunci: struktur triadik; representament; object, interpretant, patologi sosial, Epistemologi Abid al-Jabiri

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Dr. Ubaidillah, S.S., M.Hum
Uncontrolled Keywords: struktur triadik; representament; object, interpretant, patologi sosial, Epistemologi Abid al-Jabiri
Subjects: Agama Dan Filsafat
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Agama dan Filsafat
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 15 Dec 2016 08:17
Last Modified: 15 Dec 2016 08:17
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/22810

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum