INTERAKSI IDENTITAS DALAM POLA KOMUNIKASI ANGGOTA ORGANISASI KESATUAN AKSI MAHASISWA MUSLIM INDONESIA (Kajian Sosiolinguistik Penggunaan Mufradat Arab)

Muhamad War’i, NIM : 1420510058 (2016) INTERAKSI IDENTITAS DALAM POLA KOMUNIKASI ANGGOTA ORGANISASI KESATUAN AKSI MAHASISWA MUSLIM INDONESIA (Kajian Sosiolinguistik Penggunaan Mufradat Arab). Masters thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (INTERAKSI IDENTITAS DALAM POLA KOMUNIKASI ANGGOTA ORGANISASI KESATUAN AKSI MAHASISWA MUSLIM INDONESIA (Kajian Sosiolinguistik Penggunaan Mufradat Arab))
1420510058_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (7MB) | Preview
[img] Text (INTERAKSI IDENTITAS DALAM POLA KOMUNIKASI ANGGOTA ORGANISASI KESATUAN AKSI MAHASISWA MUSLIM INDONESIA (Kajian Sosiolinguistik Penggunaan Mufradat Arab))
1420510058_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini akan mengkaji tentang penggunaan mufradat (kosa-kata) Arab oleh anggota organisasi KAMMI. Dalam aplikasinya, para anggota menuturkan kosakata Arab secara bebas dan hanya pada kata-kata tertentu. Hal tersebut dilakukan karena mereka (para anggota KAMMI) memiliki pandangan bahwa bahasa Arab adalah bahasa agama yang penting untuk digunakan dalam bahasa tutur seharihari. Pandangan seperti itu membawa para anggota KAMMI kepada panggung negosiasi yakni antara tradisi berbahasa Arab (dalam posisinya sebagai anggota) dan tradisi berbahasa Indonesia (dalam posisinya sebagai warga negara Indonesia). Penelitian ini memiliki beberapa fokus kajian yaitu bagaimana bentuk penggunaan mufradat Arab tersebut, faktor-faktor apa saja yang mempengaruhinya dan bagaimana model negosiasi identitas dalam tradisi berbahasa tersebut. Penelitian ini menggunakan dua pisau analisis yaitu kajian Sosiolinguistik dan Negosiasi Identitas. Pisau pertama digunakan untuk mengelaborasi fenomena berbahasa KAMMI yang di dalamnya terdapat kosa-kata Arab. Pada lokus ini beberapa aspek menjadi titik kajian yaitu analisis Gramatikal, Campur Kode dan Semantik. Sekaligus dalam kacamata Sosiolinguistik akan dielaborasi faktorfaktor yang menyebabkan terjadinya penggunaan mufradat tersebut. Adapun negosiasi identitas digunakan sebagai pisau analisis untuk menjelaskan bentuk negosiasi identitas yang terjadi pada para anggota KAMMI sebagai implikasi dari penggunaan mufradat tersebut. Untuk pengumpulan data, tehnik yang digunakan adalah wawancara, Focus Group Discussion (FGD), serta tehnik sadap dengan melakukan observasi. Data yang terkumpul dianalisis menggunakan tehnik analisis distribusional untuk masalah kebahasaan, dan tehnik analisis interpretatif untuk rumusan masalah tentang negosiasi identitas. Hasil penelitian menunjuk kepada beberapa poin berdasarkan rumusan masalah. Pertama, penggunaan mufradat Arab dalam komunikasi KAMMI berpola penggunaan kosa kata Arab secara lepas tanpa memperhatikan kaidah berbahasa, penggunaan campur dan alih kode, serta penggunaan makna kontekstual pada kosa-kata yang digunakan. Kedua, fakto-faktor yang menyebabkan terjadinya adalah adanya pengaruh ideologi Islam yang dianut oleh organisasi tersebut sehingga menggunakan bahasa Arab dalam komunikasi verbal mereka. Selain itu penggunaan mufradat Arab dilakukan karena adanya warisan tradisi secara turuntemurun. Ketiga, bentuk interaksi identitas yang terjadi pada para anggota kelompok KAMMI bersifat negosiasi yang mencoba mengalternasi kebudayaan mereka sebagai orang Indonesia di satu sisi dan tradisi berbahasa Arab di sisi lain sebagai seorang muslim. Secara singkat negosiasi dua identitas tersebut dimanifestasikan dalam konsep terkenal organisasi KAMMI yaitu Islam Negarawan. Kata kunci: Mufradat Arab, komunikasi, sosiolinguistik, interaksi identitas

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Dr. Zamzam Afandi, MA
Uncontrolled Keywords: Mufradat Arab, komunikasi, sosiolinguistik, interaksi identitas
Subjects: Bahasa Arab
Komunikasi Islam
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Agama dan Filsafat
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 27 Dec 2016 09:24
Last Modified: 27 Dec 2016 09:24
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/22811

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum