KEMAHIRAN KALᾹM PADA KOMUNITAS BAHASA “AN NAJAH ARABIC JAVANESSE AND ENGLISH COMMUNITY” PESANTREN MAHASISWA AN NAJAH PURWOKERTO (ANALISIS BERDASARKAN TEORI HUMANISTIK)

ZAHROTUL MUNAWAROH, NIM. 09420116 (2016) KEMAHIRAN KALᾹM PADA KOMUNITAS BAHASA “AN NAJAH ARABIC JAVANESSE AND ENGLISH COMMUNITY” PESANTREN MAHASISWA AN NAJAH PURWOKERTO (ANALISIS BERDASARKAN TEORI HUMANISTIK). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img] Text (KEMAHIRAN KALᾹM PADA KOMUNITAS BAHASA “AN NAJAH ARABIC JAVANESSE AND ENGLISH COMMUNITY” PESANTREN MAHASISWA AN NAJAH PURWOKERTO (ANALISIS BERDASARKAN TEORI HUMANISTIK))
09420116_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Updated Version
Restricted to Registered users only

Download (7MB)
[img] Text (KEMAHIRAN KALᾹM PADA KOMUNITAS BAHASA “AN NAJAH ARABIC JAVANESSE AND ENGLISH COMMUNITY” PESANTREN MAHASISWA AN NAJAH PURWOKERTO (ANALISIS BERDASARKAN TEORI HUMANISTIK))
09420116_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan tentang program pembelajaran dan menguraikan tentang implementasi pembelajaran kalām di komunitas bahasa An Najah Arabic Javanesse and English Community Pesantren Mahasiswa An Najah berdasarkan teori humanistik. Hasil penelitian ini diharapkan mampu menggunakan bahasa Arab sebagai alat komunikasi bagi kalangan santri. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research), dengan tehnik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun proses analisis data dengan menggunakan analisa kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan: 1) Program pembelajaran kalam di komplek An Najah Arabic Javanese and English Community meliputi desain pembelajaran yang didalamnya terdapat berbagai macam inovasi sehingga pembelajaran lebih menyenangkan dan menarik untuk santri. Selain itu dalam perencananaan terdapat jam berbahasa, ruang bahasa dan kegiatan belajar mengajar. 2) Implementasi pembelajaran kemahiran kalam di komplek An Najah Arabic Javanese and English Community tutor menggunakan berbagai strategi pembelajaran yang berbeda-beda di setiap kegiatan pembelajaran. Diantara adalah hafalan kosa kata, penerjemahan lagu, hiwār tematik, mendeskripsikan benda, menceritakan gambar, mendiskusikan film dan rihlah ilmiah. Bentuk pelaksanaan berupa kegiatan sehari-hari santri wajib berkomunikasi menggunakan bahasa Arab di dalam komplek dan aktif dalam setiap kegiatan-kegiatan yang berkaitan dengan kebahasaan di lingkungan pesantren maupun luar pesantren. Adapun lima kebutuhan dasar manusia yaitu fisiologi, rasa aman, rasa cinta dan kasih sayang, penghargaan dan harga diri aktualisasi diri sangat berpengaruh terhadap proses kegiatan belajar mengajar di Komunitas AArJEC Pesantren Mahasiswa An Najah Purwokerto.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Nurhadi, MA.
Uncontrolled Keywords: Kemahiran Kalam, Teori Humanistik, Komunitas Bahasa An Najah Arabic Javanese and English Community
Subjects: Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 05 Dec 2016 09:04
Last Modified: 05 Dec 2016 09:04
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/22813

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum