METODE PEMBELAJARAN KITAB SYARAH IBNU AQIL KELAS ALFIYAH II PONDOK PESANTREN SALAF PUTRA-PUTRI ALLUQMANIYYAH YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2015/2016 (TINJAUAN TEORI BELAJAR HUMANISTIK)

EDI KURNIARAHMAN, NIM.09420185 (2016) METODE PEMBELAJARAN KITAB SYARAH IBNU AQIL KELAS ALFIYAH II PONDOK PESANTREN SALAF PUTRA-PUTRI ALLUQMANIYYAH YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2015/2016 (TINJAUAN TEORI BELAJAR HUMANISTIK). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (METODE PEMBELAJARAN KITAB SYARAH IBNU AQIL KELAS ALFIYAH II PONDOK PESANTREN SALAF PUTRA-PUTRI ALLUQMANIYYAH YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2015/2016 (TINJAUAN TEORI BELAJAR HUMANISTIK))
09420185_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (METODE PEMBELAJARAN KITAB SYARAH IBNU AQIL KELAS ALFIYAH II PONDOK PESANTREN SALAF PUTRA-PUTRI ALLUQMANIYYAH YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2015/2016 (TINJAUAN TEORI BELAJAR HUMANISTIK))
09420185_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (909kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui metode-metode yang digunakan dalam pembelajaran kitab Syarh Ibn ‘Aqil kelas Alfiyyah II Pondok Pesantren Salaf Al-Luqmaniyyah Yogyakarta serta pelaksanaannya dan untuk mengetahui relevansinya dengan prinsip-prinsip teori belajar humanistik. Dengan penelitian ini diharapkan bisa menjadi bahan evaluasi dari penerapan metode pembelajaran kitab Syarh Ibn ‘Aqil di kelas Alfiyyah II dan memberi masukan kepada para guru bahasa Arab umumnya dan khususnya kepada para guru bahasa Arab di Pondok Pesantren Salaf Al-Luqmaniyyah Yogyakarta sendiri sebagai tempat penelitian untuk menggunakan metode pembelajaran yang humanis. Penelitian ini merupakan sebuah penelitian kualitatif yang berusaha menganalisis relevansi penerapan metode pembelajaran kitab Syarah Ibnu ‘Aqil kelas Alfiyyah II dengan menggunakan prinsip-prinsip tiga tokoh teori belajar humanistik yaitu, Athur Combs, Abraham H. Maslow, dan Carl Ransom Rogers. Analisis dilakukan dengan beberapa lagkah yaitu, menggali data mengenai penerapan metode pemebelajaran kitab Syarh Ibn ‘Aqil di kelas Alfiyyah II, mereduksinya, mendeskripsikannya, menganalisnya menggunakan prinsip-prinsip teori belajar humanistik, kemudian menyimpulkannya. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa metode yang diterapkan dalam pembelajaran kitab Syarh Ibn ‘Aqil di kelas Alfiyyah II adalah metode diskusi, ceramah, dan hafalan bait-bait syair Alfiyyah Ibn Malik. Yang menjadi Metode pokok dalam pembelajaran tersebut adalah metode diskusi. Sedangkan metode ceramah dan hafalan berfungsi sebagai penguat dari metode diskusi. Secara umum penerapan metode pebelajaran tersebut relevan prinsip-prinsip teori belajar humanistik. Pertama, prinsip menghargai peserta didik sebagai manusia yaitu, para santri dipercaya secara penuh dan bertanggung jawab atas jalannya kegiatan pembelajaran. Para santri juga merasa nyaman dalam pembelajarannya karena tidak ada hukuman yang diterapkan oleh guru dalam pmbelajaran. Kedua, mementingkan pengalaman yaitu, tuntutan mempelajari kitab Syarh Ibn ‘Aqil dalam metode diskusi dan juga didukung adanya pembacaan kitab Syarh Ibn ‘Aqil dengan cara menerjemahkan kata perkata ke dalam bahasa Jawa serta penyebutan kedudukan kata dalam kalimat, memberi pengalaman dan memudahkan para santri dalam menerapkan pemahaman nahwu dan sarafnya. Ketiga, dengan adanya metode diskusi, para santri dapat ikutserta secara aktif dalam pembelajaran. Akan tetapi ada beberapa hal yang tidak sesuai dengan prinsip-prinsip teori belajar humanistik yaitu, peran santri dalam pelaksanaan metode ceramah cenderung pasif karena mereka hanya mendengar dan mencatat penjelasan dari guru. Selain itu, waktu pelaksanaan pembelajaran yang larut malam juga mengurangi keaktifan santri dalam pembelajaran karena ada sebagian yang mengantuk

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Drs H. Zainal Arifin Ahmad, M. Ag
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Kitab Syarah Ibnu Aqil, Ponpes Alluqmaniyyah
Subjects: Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 05 Dec 2016 10:33
Last Modified: 05 Dec 2016 10:33
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/22816

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum