PENERAPAN TEKNIK STORY TELLING UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENYIMAK PADA PEMBELAJARAN BAHASA ARAB SISWA KELAS XI IPA MAN 2 WATES TAHUN AJARAN 2015/2016

IHYAK NIZAR THOHARI, NIM.10421005 (2016) PENERAPAN TEKNIK STORY TELLING UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENYIMAK PADA PEMBELAJARAN BAHASA ARAB SISWA KELAS XI IPA MAN 2 WATES TAHUN AJARAN 2015/2016. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (PENERAPAN TEKNIK STORY TELLING UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENYIMAK PADA PEMBELAJARAN BAHASA ARAB SISWA KELAS XI IPA MAN 2 WATES TAHUN AJARAN 2015/2016)
10421005_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (6MB) | Preview
[img] Text (PENERAPAN TEKNIK STORY TELLING UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENYIMAK PADA PEMBELAJARAN BAHASA ARAB SISWA KELAS XI IPA MAN 2 WATES TAHUN AJARAN 2015/2016)
10421005_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh yang signifikan penggunaan teknik story telling dalam meningkatkan keterampilan menyimak pada pembelajaran bahasa Arab antara kelompok eksperimen dengan kelompok kontrol siswa kelas XI IPA MAN 2 Wates. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen (Experimental Research), yaitu suatu cara untuk mencari hubungan sebab akibat (hubungan kausal) antara dua faktor yang sengaja ditimbulkan oleh peneliti dengan mengeliminasi atau mengurangi atau menyisihkan faktor-faktor lain yang mengganggu. Subjek dalam penelitian ini terdiri 56 siswa, yang terdiri dari kelas XI IPA I yang dijadikan sebagai kelas kontrol dengan jumlah 28 siswa dan kelas XI IPA III yang dijadikan sebagai kelas eksperimen dengan jumlah 28 siswa. Adapun teknik pengumpulan data menggunakan tes, observasi dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan berupa analisis komparatif dengan menggunakan uji “t”. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar bahasa Arab antara kelompok eksperimen (yang menggunakan teknik story telling dengan kelompok kontrol (yang tidak menggunakan teknik story telling terdapat pengaruh yang signifikan yang ditunjukkan adanya peningkatan perolehan nilai rata-rata untuk kelompok eksperimen mengalami peningkatan sebesar 21,61, dari skor awal sebesar 53,71 meningkat menjadi 75,32. Sedangkan untuk kelompok kontrol terjadi peningkatan nilai rata-rata sebesar 3,83, dari skor awal sebesar 54,67 meningkat menjadi 58,50. Dari segi Uji “t” kemampuan ( Pre-test ) maupun (Post-test) mengalami peningkatan sebagai berikut kelas eksperimen 2,4146 sedagan kelas kontrol 0,975. Dengan melihat perbedaan skor dari masing-masing kelompok tersebut, menunjukkan bahwa teknik story telling merupakan salah satu model pembelajaran yang efektif untuk belajar bahasa Arab.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Muhammad Ja’far Shodiq, M.SI
Uncontrolled Keywords: Teknik Story Telling, Keterampilan Menyimak, Pembelajaran Bahasa Arab.
Subjects: Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 05 Dec 2016 11:20
Last Modified: 05 Dec 2016 11:20
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/22825

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum