IMPLEMENTASI DISIPLIN BERBAHASA ARAB DAN DAMPAKNYA TERHADAP KEMAMPUANMAHARAH AL-KALAM DI LEMBAGA PENGEMBANGAN BAHASA ASING NURUL JADID PAITON PROBOLINGGO PERIODE 2015/2016

SYAHNAZ NABELA FARAHDIBA, NIM.12420051 (2016) IMPLEMENTASI DISIPLIN BERBAHASA ARAB DAN DAMPAKNYA TERHADAP KEMAMPUANMAHARAH AL-KALAM DI LEMBAGA PENGEMBANGAN BAHASA ASING NURUL JADID PAITON PROBOLINGGO PERIODE 2015/2016. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (IMPLEMENTASI DISIPLIN BERBAHASA ARAB DAN DAMPAKNYA TERHADAP KEMAMPUANMAHARAH AL-KALAM DI LEMBAGA PENGEMBANGAN BAHASA ASING NURUL JADID PAITON PROBOLINGGO PERIODE 2015/2016)
12420051_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (32MB) | Preview
[img] Text (IMPLEMENTASI DISIPLIN BERBAHASA ARAB DAN DAMPAKNYA TERHADAP KEMAMPUANMAHARAH AL-KALAM DI LEMBAGA PENGEMBANGAN BAHASA ASING NURUL JADID PAITON PROBOLINGGO PERIODE 2015/2016)
12420051_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Latar belakang dari penelitian ini adalah adanya kewajiban bagi setiap peserta didik LPBA untuk berbicara bahasa arab setiap hari dan menerapakan program disiplin berbahasa arab yaitu membentuk peraturan-peraturan dan tata tertib dalam setiap kegiatan, yang menjadi permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimanakah bentuk penerapan disiplin berbahasa arab di LPBA Nurul Jadid dan bagaimana damapaknya terhadap kemampuan maharah al-kalam peserta didik LPBA. Maka dari itu penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis tentang penerapan disiplin bahasa arab di LPBA Nurul Jadid dan dampak yang dihasilkan dalam maharah al-kalam. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan mengambil latar lembaga pengembangan bahasa asing pondok pesantren Nurul Jadid paiton probolinggo, pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi , dokumentasi, wawancara mendalam dan tes lisan. Analisis data dilakukan dengan memberikan makna terhadap data yang telah dikumpulkan, dan dari makna itulah ditarik kesimpulan. Pemeriksaan keabsahan data atau kevalidan data dilakukan dengan triangulasi data. Hasil penelitian menunjukkan: (1) penerapan disiplin berbahasa arab berjalan dengan baik, dengan memberikan peraturan-peraturan dan tata tertib, namun dalam program ini masih ada peserta didik yang melanggar sehingga diberlakukan pemberian punishment dan reward. (2) dampak dari penerapan disiplin berbahasa arab yaitu meningkatnya maharah kalam peserta didik yang dibuktikan dengan hasil tes lisan dengan nilai rata-rata untuk marhalah ula 74,9 dan nilai rata-rata untuk marhalah wusto 81,3. Kata kunci : disiplin berbahasa arab, peraturan, kemampuan maharah kalam xi

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Drs. Adzfar Ammar, MA,
Uncontrolled Keywords: disiplin berbahasa arab, peraturan, kemampuan maharah kalam
Subjects: Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 08 Dec 2016 15:43
Last Modified: 08 Dec 2016 15:43
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/22831

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum