PENERAPAN MEDIA PERMAINAN EDUKATIF MAKE A MATCH DALAM PEMBELAJARAN MUFRADAT (STUDI EKSPERIMEN TERHADAP SISWA KELAS V MIM AL-HUDA BANJAREJO 2 KALIANGKRIK TAHUN AJARAN 2015/2016)

MIFTAKHUL ROHMAH, NIM.12420116 (2016) PENERAPAN MEDIA PERMAINAN EDUKATIF MAKE A MATCH DALAM PEMBELAJARAN MUFRADAT (STUDI EKSPERIMEN TERHADAP SISWA KELAS V MIM AL-HUDA BANJAREJO 2 KALIANGKRIK TAHUN AJARAN 2015/2016). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENERAPAN MEDIA PERMAINAN EDUKATIF MAKE A MATCH DALAM PEMBELAJARAN MUFRADAT (STUDI EKSPERIMEN TERHADAP SISWA KELAS V MIM AL-HUDA BANJAREJO 2 KALIANGKRIK TAHUN AJARAN 2015/2016))
12420116_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (9MB) | Preview
[img] Text (PENERAPAN MEDIA PERMAINAN EDUKATIF MAKE A MATCH DALAM PEMBELAJARAN MUFRADAT (STUDI EKSPERIMEN TERHADAP SISWA KELAS V MIM AL-HUDA BANJAREJO 2 KALIANGKRIK TAHUN AJARAN 2015/2016))
12420116_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pembelajaran mufradat dengan menggunakan media permainan eduktif make a match dan untuk mengetahui ada tidaknya peningkatan hasil belajar mufradat antara kelompok eksperimen yang menggunakan media permainan edukatif make a match dengan kelompok kontrol yang tidak menggunakan media permainan edukatif make a match pada siswa kelas V MIM Al-Huda Banjarejo 2 Kaliangkrik Tahun Ajaran 2015/2016. Penelitian ini merupakan penelitian populasi yang melibatkan seluruh siswa kelas V MIM Al-Huda Banjarejo 2 Kaliangkrik yang berjumlah 24 siswa dan kemudian selanjutnya dibagi menjadi 2 kelompok. 12 siswa untuk kelompok kontrol dan 12 siswa untuk kelompok eksperimen. Metode pengumpulan data menggunakan tes, wawancara, observasi dan dokumentasi. Untuk menguji keabsahan instrumen dilakukan dengan menggunakan uji validitas konstruk (construct validity). Uji reabilitas menggunakan rumus guttman split-half coefficient. Persyaratan analisis data menggunakan uji normalitas sebaran dengan rumus shapiro-wilk. Sedangkan uji homogenitasnya menggunakan rumus lavene statistics. Analisis data menggunakan uji “t”. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara kelompok kontrol dengan kelompok eksperimen. Perbedaan ini dapat dilihat dari skor rata-rata posttest kelompok kontrol sebesar 72,66 sedangkan nilai posttest kelompok eksperimen sebesar 83,83. Sedangkan uji t nilai posttest kelompok eksperimen menghasilkan nilai sig.(2-tailed) 0,010 0,05 yang artinya terdapat peningkatan yang signifikan pada hasil belajar siswa kelompok eksperimen. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar mufradat antara kelompok kontrol dengan kelompok eksperimen. Maka media permainan edukatif make a match dapat digunakan sebagai solusi alternatif dalam meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran mufradat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Drs. H. Syamsuddin Asyrofi., MM
Uncontrolled Keywords: media, make a match, mufradat.
Subjects: Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 09 Dec 2016 10:44
Last Modified: 09 Dec 2016 10:44
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/22833

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum