PENINGKATAN KUALITAS HAFALAN KOSAKATA BAHASA ARAB DENGAN MEDIA PERMAINAN TEKA TEKI SILANG (STUDI EKSPERIMEN PADA SISWA KELAS X DI MA ALI MAKSUM) TAHUN AJARAN 2016/2017

MAHRUS ALI WARDANA, NIM. 12420113 (2016) PENINGKATAN KUALITAS HAFALAN KOSAKATA BAHASA ARAB DENGAN MEDIA PERMAINAN TEKA TEKI SILANG (STUDI EKSPERIMEN PADA SISWA KELAS X DI MA ALI MAKSUM) TAHUN AJARAN 2016/2017. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENINGKATAN KUALITAS HAFALAN KOSAKATA BAHASA ARAB DENGAN MEDIA PERMAINAN TEKA TEKI SILANG (STUDI EKSPERIMEN PADA SISWA KELAS X DI MA ALI MAKSUM) TAHUN AJARAN 2016/2017)
12420113_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (9MB) | Preview
[img] Text (PENINGKATAN KUALITAS HAFALAN KOSAKATA BAHASA ARAB DENGAN MEDIA PERMAINAN TEKA TEKI SILANG (STUDI EKSPERIMEN PADA SISWA KELAS X DI MA ALI MAKSUM) TAHUN AJARAN 2016/2017)
12420113_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pembelajaran kosakata Bahasa Arab dengan menggunakan media permainan teka-teki silang dan untuk mengetahui adanya peningkatan kosakata bahasa Arab dengan menggunakan media permainan teka-teki silang pada siswa kelas X MA Ali Maksum Bantul Yogyakarta. Penelitian ini adalah penelitian lapangan yang bersifat kuantitatif, yang dilaksanakan di MA Ali Maksum Yogyakarta, sedangkan jenis penelitiannya adalah eksperimen. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, yang bertitik tolak dari anggapan bahwa semua gejala yang diamati dapat diukur dalam bentuk angka. Metode pengumpulan data dilakukan dengan metode tes, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara kelompok kontrol dengan kelompok eksperimen. Perbedaan ini dapat dilihat dari skor rata-rata posttest kelompok kontrol sebesar 75,72 sedangkan nilai posttest kelompok eksperimen sebesar 89,83. Sedangkan uji t nilai posttest kelompok eksperimen menghasilkan nilai sig.(2-tailed) 0,010 0,05 yang artinya terdapat peningkatan yang signifikan pada hasil belajar siswa kelompok eksperimen. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan peningkatan kosakata antara kelompok kontrol dengan kelompok eksperimen. Maka media permainan teka-teki silang dapat digunakan sebagai solusi alternatif dalam meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran kosakata Bahasa Arab.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. H. Zainal Arifin Ahmad M. Ag
Uncontrolled Keywords: media permainan, teka-teki silang, kosakata.
Subjects: Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 09 Dec 2016 11:08
Last Modified: 09 Dec 2016 11:08
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/22835

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum