PERBANDINGAN KOMPONEN KELENGAKAPAN KAMUS PADA KAMUS BILINGUAL MENURUT ALI AL-QASIMI ANTARA KAMUS AL-MUNAWWIR DAN A DICTIONARY OF MODERN WRITTEN ARABIC (Studi Leksikografi)

Fati Churohmah, NIM : 1420510066 (2016) PERBANDINGAN KOMPONEN KELENGAKAPAN KAMUS PADA KAMUS BILINGUAL MENURUT ALI AL-QASIMI ANTARA KAMUS AL-MUNAWWIR DAN A DICTIONARY OF MODERN WRITTEN ARABIC (Studi Leksikografi). Masters thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (PERBANDINGAN KOMPONEN KELENGAKAPAN KAMUS PADA KAMUS BILINGUAL MENURUT ALI AL-QASIMI ANTARA KAMUS AL-MUNAWWIR DAN A DICTIONARY OF MODERN WRITTEN ARABIC (Studi Leksikografi))
1420510066_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img] Text (PERBANDINGAN KOMPONEN KELENGAKAPAN KAMUS PADA KAMUS BILINGUAL MENURUT ALI AL-QASIMI ANTARA KAMUS AL-MUNAWWIR DAN A DICTIONARY OF MODERN WRITTEN ARABIC (Studi Leksikografi))
1420510066_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Selain sebagai alat komunikasi, bahasa berfungsi sebagai alat berfikir atau media nalar bagi pemakai bahasa itu sendiri sehingga perkembangan bahasa selalu mengikuti perkembangan pemikiran para penggunanya. Sedangkan kemampuan otak kita yang terbatas tidak akan bisa memuat semua kosakata yang ada dalam sebuah bahasa. Problem inilah yang kemudian menunjukkan sebuah urgensi kamus. Salah satu jenis kamus yang banyak digunakan di dunia adalah kamus bilingual yang fungsi utamanya untuk menghubungkan satu kata dari sebuah bahasa dengan bahasa lain. Kamus bilingual Arab di Indonesia menjadi salah satu kamus yang populer selain bahasa Inggris, hal ini tidak bisa dileaskan dari aspek agama, yang memang sebagian masyarakat Indonesia beragama Islam. Kamus bilingual memiliki urgensi yang sangat penting dalam mempelajari bahasa asing, sehingga komponen kelengkapan kamus haruslah diperhatikan dengan baik. Dalam penelitian ini penulis menggunakan pendekatan Leksikografi, salah satu ilmu terapan dari cabang linguistik, dan menggunakan teori kelengkapan kamus yang dirumuskan oleh ‘Ali al-Qa>simi> yang membaginya menjadi tiga bagian utama, yaitu bagian awal, bagian isi, dan bagian akhir. Penulis memilih kamus Al-Munawwir (Arab-Indonesia) sebagai objek dalam penelitian ini dikarenakan kamus ini menjadi salah satu pelopor kamus bilingual Arab-Indonesia dan masih menjadi yang terpopuler sampai saat ini. Pemilihan kamus Hans- Wehr (Arab-Inggris) sebagai pembanding dikarenakan kamus bilingual ini populer di kalangan orientalis dan disusun dengan sistematika yang sama. Penelitian ini bertujuan untuk menemukan komponen kelengkapan yang ada dalam kedua kamus tersebut sekaligus persamaan dan perbedaan diantara keduanya. Penelitian ini termasuk penelitian kepustakaan (library research) dengan menggunakan metode komparatif. Hasil dari penelitian ini menemukan bahwa :1) komponen kelengkapan kamus yang ada dalam kamus al-Munawwir meliputi tujuan penyusunan kamus, makna simbol, keterangan singkatan, khat/tulisan, informasi fonetik (as}wa>t), informasi morfologis (s}araf), informasi sintaksis (nahwu), informasi semantik (dala>lah) dan bagian penutup yang berisi tentang informasi ensiklopedis dalam bentuk gambar, 2) komponen kelengkapan kamus yang tidak ada dalam kamus Hans-Wehr adalah tujuan penyusunan kamus, sumber data kamus, makna simbol, keterangan singkatan, khat/tulisan, informasi fonetik (as}wa>t), informasi morfologi (s}araf) dan sintaksis (nahwu), informasi semantik (dala>lah), dan informasi penggunaan kata, 3) persamaan diantara kamus tersebut adalah pada tujuan kamus dan sistem yang sama dalam mengurutkan kata kerja dan kata benda di bawah entri utama. 4) perbedaan diantara kedua kamus tersebut ada dalam khat/tulisan, informasi fonologis, informasi semantik, dan informasi penggunaan kata. Kata kunci : kamus, bilingual, leksikografi, komponen kamus

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Dr. Hisyam Zaini, M.A
Uncontrolled Keywords: kamus, bilingual, leksikografi, komponen kamus
Subjects: Agama Dan Filsafat
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Agama dan Filsafat
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 22 Dec 2016 15:38
Last Modified: 22 Dec 2016 15:38
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/22847

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum