BIMBINGAN KONSELING UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PADA SISWA KORBAN PERCERAIAN DI MTS N LAB UIN YOGYAKARTA

DIAN KARLITA, NIM. 12220105 (2016) BIMBINGAN KONSELING UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PADA SISWA KORBAN PERCERAIAN DI MTS N LAB UIN YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (BIMBINGAN KONSELING UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PADA SISWA KORBAN PERCERAIAN DI MTS N LAB UIN YOGYAKARTA)
12220105_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (BIMBINGAN KONSELING UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PADA SISWA KORBAN PERCERAIAN DI MTS N LAB UIN YOGYAKARTA)
12220105_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (507kB)

Abstract

Kasus perceraian membawa akibat yang dalam bagi anak-anak dalam hal ini anak usia sekolah, peristiwa ini menyebabkan ibu dan ayah kurang mampu mendampingi anak-anaknya sehari-hari. Akibat yang lain, muncul serentetan kasus seperti tindakan-tindakan yang semestinya tidak perlu terjadi. Hal ini membutuhkan bantuan seorang konselor di sekolah untuk membantu siswa korban perceraian untuk meningkatkan motivasi dalam belajarnya. Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana bimbingan konseling dapat membantu siswa korban perceraian dalam meningkatkan motivasi belajar yang dimilikinya. Adapun pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Subyek dalam penelitian ini adalah satu personil guru BK di MTsN Lab UIN Yogyakarta dan dua siswa korban perceraian. Obyek dalam penelitian ini adalah bimbingan konseling untuk meningkatkan motivasi belajar siswa korban perceraian. Metode pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Model analisis data yang digunakan adalah dengan model Miles and Huberman yaitu interactive model, yang komponen kerjanya meliputi reduksi data (data reduction), penyajian data (data display), dan penarikan kesimpulan serta verifikasi (conclusion drawing/verification). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa bimbingan konseling untuk meningkatkan motivasi belajar siswa korban perceraian di MTsN Lab UIN Yogyakarta berupa memberikan layanan bimbingan konseling dengan menumbuhkan kesadaran siswa melalui layanan konseling individu dan bimbingan kelompok.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: A.Said Hasan Basri, S.Psi., M.Si.
Uncontrolled Keywords: bimbingan konseling, motivasi belajar, siswa korban perceraian
Subjects: Bimbingan dan Konseling Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam (S1)
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 15 Dec 2016 09:00
Last Modified: 15 Dec 2016 09:00
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/22909

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum