UPAYA LEMBAGA PENGABDIAN DAN PENGEMBANGAN MASYARAKAT (LPPM) DALAM MENINGKATKAN KEPERCAYAAN DIRI SANTRI PP. AL-LUQMANIYYAH YOGYAKARTA

KURNIA BADRIYAH PUTRI, NIM. 13220027 (2016) UPAYA LEMBAGA PENGABDIAN DAN PENGEMBANGAN MASYARAKAT (LPPM) DALAM MENINGKATKAN KEPERCAYAAN DIRI SANTRI PP. AL-LUQMANIYYAH YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (UPAYA LEMBAGA PENGABDIAN DAN PENGEMBANGAN MASYARAKAT (LPPM) DALAM MENINGKATKAN KEPERCAYAAN DIRI SANTRI PP. AL-LUQMANIYYAH YOGYAKARTA)
13220027_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img] Text (UPAYA LEMBAGA PENGABDIAN DAN PENGEMBANGAN MASYARAKAT (LPPM) DALAM MENINGKATKAN KEPERCAYAAN DIRI SANTRI PP. AL-LUQMANIYYAH YOGYAKARTA)
13220027_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (980kB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan karena dilatarbelakangi oleh tuntutan bagi santri untuk mengamalkan ilmunya kepada masyarakat setelah dinyatakan lulus dari pondok pesantren. Tidak hanya itu, santri juga diharapkan dapat membimbing masyarakat agar mau menjalankan syari’at-syari’at yang diperintahkan oleh agama dan mengamalkan amar ma’rūf nahi munkar yaitu mengerjakan kebaikan dan meninggalkan kemungkaran. Sedangkan pada kenyataannya banyak santri lulusan dari pondok pesantren belum bisa mengamalkan ilmunya dengan maksimal karena kurangnya kepercayaan diri pada santri itu sendiri. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui usaha-usaha yang dilakukan LPPM dalam meningkatkan kepercayaan diri santri kelas Alfaih 2 di PP Al- Luqmaniyyah. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif yang bersifat kualitatif deskriptif. Subyek penelitian ini adalah Direktur LPPM, ketua dan wakil LPPM, 2 sekretaris LPPM, ketua dan wakil bidang pengabdian masyarakat dan 6 santri yang paling aktif dalam kegiatan LPPM PP. Al-Luqmaniyyah Yogyakarta. Dalam pengumpulan data penulis menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Uji keabsahan data penulis menggunakan triangulasi data sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa upaya yang dilakukan LPPM dalam meningkatkan kepercayaan diri santri di PP. Al-Luqmaniyyah Yogyakartaka adalah dengan, modeling, pembangkitan emosi, belajar berlatih dan membuat pengalaman masa kini.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Nailul Falah, S.Ag, M.Si
Uncontrolled Keywords: Upaya LPPM, Kepercayaan Diri, Santri
Subjects: Bimbingan dan Konseling Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam (S1)
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 15 Dec 2016 09:50
Last Modified: 15 Dec 2016 09:50
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/22916

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum