HUBUNGAN ANTARA PENGETAHUAN TENTANG SEKS PRA NIKAH DENGAN SIKAP MENOLAK TERHADAP SEKS PRA NIKAH SISWA KELAS XI SMA NEGERI 1 PUNDONG

NURUL HIDAYATI, NIM. 13220055 (2016) HUBUNGAN ANTARA PENGETAHUAN TENTANG SEKS PRA NIKAH DENGAN SIKAP MENOLAK TERHADAP SEKS PRA NIKAH SISWA KELAS XI SMA NEGERI 1 PUNDONG. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (HUBUNGAN ANTARA PENGETAHUAN TENTANG SEKS PRA NIKAH DENGAN SIKAP MENOLAK TERHADAP SEKS PRA NIKAH SISWA KELAS XI SMA NEGERI 1 PUNDONG)
13220055_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img] Text (HUBUNGAN ANTARA PENGETAHUAN TENTANG SEKS PRA NIKAH DENGAN SIKAP MENOLAK TERHADAP SEKS PRA NIKAH SISWA KELAS XI SMA NEGERI 1 PUNDONG)
13220055_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (887kB)

Abstract

Masa remaja menunjukkan masa transisi dari masa kanak-kanak ke masa dewasa. Masalah yang sering dialami oleh remaja saat ini adalah masalah seputar seksualitas, terutama seks pra nikah. Data dari BKKBN tahun 2011 menyatakan bahwa 30% siswa SMP dan SMA di Indonesia telah melakukan praktik seks bebas secara aktif. Tindakan seks pra nikah ditentukan oleh pengetahuan yang didapatkan remaja dan sikap yang dimiliki remaja. SMA Negeri 1 Pundong telah memberikan pengetahuan tentang seks pra nikah melalui guru Bimbingan dan Konseling. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara pengetahuan tentang seks pra nikah dengan sikap menolak terhadap seks pra nikah siswa kelas XI SMA Negeri 1 Pundong. Metode penelitian menggunakan jenis penelitian korelasional dengan pendekatan Cross Sectional. Variabel dalam penelitian ini adalah sikap menolak terhadap seks pra nikah (Y) dan pengetahuan tentang seks pra nikah (X). Populasi dalam penelitian ini berjumlah 190 siswa. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik Cluster Random Samplingsebanyak 2 kelas dengan 47 siswa. Analisis data penelitian ini menggunakan teknik korelasi Product Moment dari Pearson. Hasil penelitian menunjukkan koefisien korelasi sebesar -0.667 dengan p = 0.000 (p 0.05). Hal ini berarti menunjukkan terdapat hubungan negatif yang signifikan antara pengetahuan tentang seks pra nikah dengan sikap terhadap seks pra nikah. Yang berarti semakin tinggi pengetahuan tentang seks pra nikah maka sikap terhadap seks pra nikah semakin rendah atau menolak seks pra nikah. Dengan demikian hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini diterima.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Slamet, S. Ag, M.Si NIP 19691214 199803 1 002
Uncontrolled Keywords: Pengetahuan Tentang Seks Pra Nikah, Sikap Menolak Terhadap Seks Pra Nikah
Subjects: Bimbingan dan Konseling Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam (S1)
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 15 Dec 2016 10:32
Last Modified: 15 Dec 2016 10:32
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/22922

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum