EVALUASI KEPUASAN PEMUSTAKA TERHADAP KUALITAS LAYANAN DI PERPUSTAKAAN PERGURUAN TINGGI ALMA ATA YOGYAKARTA DENGAN METODE LIBQUAL

Dian Nugroho Prasetyo, NIM: 1420010023 (2016) EVALUASI KEPUASAN PEMUSTAKA TERHADAP KUALITAS LAYANAN DI PERPUSTAKAAN PERGURUAN TINGGI ALMA ATA YOGYAKARTA DENGAN METODE LIBQUAL. Masters thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (EVALUASI KEPUASAN PEMUSTAKA TERHADAP KUALITAS LAYANAN DI PERPUSTAKAAN PERGURUAN TINGGI ALMA ATA YOGYAKARTA DENGAN METODE LIBQUAL+TM)
1420010023_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Accepted Version

Download (916kB) | Preview
[img] Text (EVALUASI KEPUASAN PEMUSTAKA TERHADAP KUALITAS LAYANAN DI PERPUSTAKAAN PERGURUAN TINGGI ALMA ATA YOGYAKARTA DENGAN METODE LIBQUAL+TM)
1420010023_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kepuasan pemustaka terhadap kualitas layanan di perpustakaan Perguruan Tinggi Alma Ata Yogyakarta dengan menggunakan metode LibQUAL+TM, dalam metode ini terdapat empat indicator yaitu Service Affect atau kemampuan dan sikap pustakawan terhadap pemustaka, Library as place atau fasilitas dan suasana ruang perpustakaan, personal control atau petunjuk dan sarana akses, Information Acces atau akses informasi. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan metode kuantitatif, populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh mahasiswa perguruan tinggi Alma ata Yogyakarta yang berjumlah 1274 mahasiswa dari total 8 program studi. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini yaitu berjumlah 304 responden. Hasil dari penelitian ini didapatkan bahwa hasil dari indeks kepuasan pemustaka di perpustakaan Perguruan Tinggi Alma Ata Yogyakarta sebesar 80.75 %, bisa diartikan bahwa pemustaka sudah puas dengan kinerja di perpustakaan perguruan tinggi Alma ata. Nilai Gap (P-I) dimensi Service Affect : Empati/ Kepedulian: -0.0008, Responsivenes: -0.2549, Assurance/ Jaminan: -0.2845, Reliabilitas/ keandalan: 0.06908. Dimensi Library As Place: Tangibles/ bukti fisik: -0.403, Utilitarian Space: -0.6546, Symbol: -0.5822, Refuge/ Tempat nyaman: -0.5773. Dimensi Personal Control: Easy of navigation/ kemudahan akses: -0.3931, Convenience: -0.3931, Modern Equipment: -0.5313, Self Reliance: 0.00105. Dimensi Information Acces: Content/ Scope: -0.5987, Timeliness/ Kecepatan: -0.6727. Rekomendasi: Perpustakaan Perguruan Tinggi Alma Ata Yogyakarta harus memperbaiki item-item yang masuk dalam kuadran I, yaitu Item no 8, Ketersediaan buku di perpustakaan membantu saya menyelesaikan tugas kuliah. Item no 9, Kondisi gedung maupun peralatan dan perlengkapan yang baik. Item no 10, ketenangan ruangan perpustakaan untuk belajar. Item no 14, ketersediaan ruangan perpustakaan yang nyaman untuk belajar. Item no 16, kemudahan saya dalam melakukan penelusuran informasi di perpustakaan. Item no 21, adanya software automasi di perpustakaan sebagai alat bantu penelusuran koleksi. Item no 23, ketersediaan koleksi sesuai dengan silabus dan kebutuhan saya. Item no 25, kelancaran dalam mengakses berbagai informasi yang saya butuhkan. Kata Kunci: Evaluasi, kepuasan pemustaka, Perpustakaan, LibQUAL+TM

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Dr. Tafrikhuddin, S.Ag. M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Evaluasi, kepuasan pemustaka, Perpustakaan, LibQUAL+TM
Subjects: Ilmu Perpustakaan dan Informasi
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Interdisciplinary Islamic Studies > Ilmu Perpustakaan dan Informasi
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 21 Dec 2016 08:36
Last Modified: 07 Mar 2024 15:09
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/22941

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum