PERAN SYEKH AHMAD SURKATI DALAM PERKEMBANGAN PENDIDIKAN ISLAM DI JAWA TAHUN 1911-1943

Salman Alfarisi, NIM.: 17101020100 (2024) PERAN SYEKH AHMAD SURKATI DALAM PERKEMBANGAN PENDIDIKAN ISLAM DI JAWA TAHUN 1911-1943. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PERAN SYEKH AHMAD SURKATI DALAM PERKEMBANGAN PENDIDIKAN ISLAM DI JAWA TAHUN 1911-1943)
17101020100_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (PERAN SYEKH AHMAD SURKATI DALAM PERKEMBANGAN PENDIDIKAN ISLAM DI JAWA TAHUN 1911-1943)
17101020100_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Pendidikan Islam memiliki tugas penting untuk mengembangkan kualitas sumber daya manusia (SDM) agar umat Islam dapat berperan aktif dan tetap bertahan serta bersaing di era globalisasi. Syekh Ahmad Surkati merupakan tokoh yang besar dalam pembaharuan pemikiran Islam di Indonesia terutama dalam bidang pendidikan, namun namanya masih jarang disebut dalam wacana sejarah pergulatan pemikiran Islam di Indonesia. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui konsep pendidikan Islam yang digagas oleh Syekh Ahmad Surkati secara mendalam, karena pemikiran beliau banyak mempengaruhi dunia Pendidikan Islam di Indonesia khususnya di Jawa. Dalam hal ini penulis memilih teori pendekatan historis dan sosiologis untuk membedah dan mendalami peran Syekh Ahmad Surkati dalam perkembangan Pendidikan Islam di tanah Jawa. Adapun jenis dari penelitian ini adalah library research dengan tehnik pengumpulan data yang bersifat pustaka seperti halnya buku, jurnal, dokumen dan juga website. Sementara metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif dan disisipkan analisis dari beberapa faktor yakni sejarah, sosial dan pendidikan. Hasil Penelitian ini menjelaskan bahwa: 1) Syekh Ahmad Surkati adalah seorang keturunan Arab yang lahir dalam lingkungan ulama, dimana Ayah dan kakeknya seorang ulama lulusan Al-Azhar Mesir. Lingkungan inilah yang membentuk kepribadianya. Syekh Ahmad Surkati menuntut ilmu dan belajar agama di Madinah selama lima tahun dan menjadi pengajar di Mekkah selama sebelas tahun. Pada tahun 1911 M atas undangan Jamiatul Khair, Syekh Ahmad Surkati datang ke Indonesia sebagai pengajar di sekolah Jamiatul Khair. 2) melihat biografi Syekh Ahmad Surkati serta pendidikan dan karya-karyanya di bidang pendidikan, sosial dan keagamaan ia bersama Al-Irsyad membuka banyak madrasah dengan merombak pendidikan tradisional menjadi modern dengan menggunakan kurikulum baru, di bidang sosial ia berusaha merealisasikan paham musawah (persamaan sesama muslim), sedangakan di bidang keagamaan, ia memberi penjelasan tentang bid’ah, taqlid buta, khurafat dan lain-lain yang berlandaskan Al-Qur’an dan Hadis. 3) Usaha-usaha dan pemikiran Syekh Ahmad Surkati berimplikasi pada masyarakat Arab dan pribumi. Pengaruh pemikiran Syekh Ahmad Surkati juga terlihat pada tokoh-tokoh reformasi Islam di Indonesia yang kemudian mendirikan organisasi seperti, Al-Irsyad dan Ahmad Hasan dan Haji Zamzam pendiri Persatuan Islam (Persis), serta melahirkan tokoh-tokoh lulusan Al-Irsyad yang kemudian sukses dan berpengaruh di Indonesia.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Supervisor: Dr. Syamsul Arifin S.Ag. M.Ag.,
Uncontrolled Keywords: Syekh Ahmad Surkati, Pendidikan Islam, Islam Jawa
Subjects: 200 Agama > 297 Agama Islam > 297.9 Islam - Sejarah
Divisions: Fakultas Adab dan Ilmu Budaya > Sejarah Kebudayaan Islam (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 04 Jun 2025 09:56
Last Modified: 04 Jun 2025 09:56
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/2297

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum