BINA DAMAI BERBASIS KEARIFAN LOKAL (STUDI EKSISTENSI DAN EFEKTIFITAS DALIHAN NA TOLU SEBAGAI SARANA BINA DAMAI DI DESA SAYUR MATUA KAB. PADANG LAWAS PROV.SUMATERA UTARA)

SAHRUL SORI ALOM HARAHAP, NIM. 10520042 (2016) BINA DAMAI BERBASIS KEARIFAN LOKAL (STUDI EKSISTENSI DAN EFEKTIFITAS DALIHAN NA TOLU SEBAGAI SARANA BINA DAMAI DI DESA SAYUR MATUA KAB. PADANG LAWAS PROV.SUMATERA UTARA). Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (BINA DAMAI BERBASIS KEARIFAN LOKAL (STUDI EKSISTENSI DAN EFEKTIFITAS DALIHAN NA TOLU SEBAGAI SARANA BINA DAMAI DI DESA SAYUR MATUA KAB. PADANG LAWAS PROV.SUMATERA UTARA))
1420510111_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img] Text (BINA DAMAI BERBASIS KEARIFAN LOKAL (STUDI EKSISTENSI DAN EFEKTIFITAS DALIHAN NA TOLU SEBAGAI SARANA BINA DAMAI DI DESA SAYUR MATUA KAB. PADANG LAWAS PROV.SUMATERA UTARA))
1420510111_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (799kB)

Abstract

Batak adalah suku yang mendominasi daerah Sumatera Utara dan memiliki lima Sub-Suku. Yakni : Batak Angkola, Batak Mandailing, Batak Toba, Batak Karo, dan Batak pak-pak. Setiap sub-suku Batak memiliki ciri khas masingmasing baik bahasa maupun adat-istiadatnya. Kekeluargaan dan kekerabatan merupakan bagian khasnya orang Batak atau yang lebih dikenal orang Batak sendiri yakni Parkouman dan Parmudaron. Hal tersebut dikerucutkan lagi menjadi sebuah marga yang pada akhirnya menjadi sebuah dasar dalam memulai interaksi terhadap sesama masyarakat. Dalihan Na Tolu adalah sistem kekerabatan suku Batak, Dalihan Na Tolu terdiri dari tiga unsur, yakni: Kahanggi, Anak Boru dan Mora, kahanggi adalah saurada laki-laki dari pihak bapak, sedangkan Anak Boru adalah Saudari Prempuan dari pihak Bapak dan Mora Adalah saudara laki-laki dari pihak Ibu. ketiga unsur tersebut diatas merupakan partner dalam kehidupan baik dari segi Siriaon maupun Siluluton. Penelitian ini adalah penelitian Deskriptif dengan menggunakan pendekatan metode Kualitaf. Untuk tehnik pengumpalan data melalui metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun tekhnik analisis data yang digunakan adalah tahap pengumpulan data, tahap mereduksi data, tahap penyajian data dan tahap penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, Dalihan Na Tolu selalu hadir dalam setiap konflik atau perselisihan ditengah masyarakat dan menghasilkan sebuah statement positif yakni mereka (Dalihan Na Tolu) menjadi sebuah rujukan dalam setiap keadaan atau dengan kata lain Dalihan Na Tolu masih sangat efektif dalam setiap keadaan baik keadaan Siluluton dan Siriaon. Untuk itu pelestarian Dalihan Na Tolu merupakan suatu prioritas semua pihak dan sudah semestinya dijaga dan diajarkan kepada Na Poso Nauli Bulung (generasi muda-mudi) untuk dipergunakan dimasa mendatang.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Dr. Singgih Basuki M.A
Uncontrolled Keywords: Dalihan Na Tolu, Hatobangon, Na Poso Nauli Bulung, Eksistensi dan Efektifitas,
Subjects: Agama Dan Filsafat
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Agama dan Filsafat
Depositing User: H. Zaenal Arifin, S.Sos.I., S.IPI.
Date Deposited: 19 Dec 2016 15:44
Last Modified: 19 Dec 2016 15:44
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/22984

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum