INTEGRASI SOSIAL DAN GAYA MANAJEMEN KONFLIK SEBAGAI STRATEGI MEMBANGUN PERDAMAIAN DI KABUPATEN PESAWARAN PROVINSI LAMPUNG

AFIEF UMIKALSUM, STHI, NIM. 1420510104 (2016) INTEGRASI SOSIAL DAN GAYA MANAJEMEN KONFLIK SEBAGAI STRATEGI MEMBANGUN PERDAMAIAN DI KABUPATEN PESAWARAN PROVINSI LAMPUNG. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (INTEGRASI SOSIAL DAN GAYA MANAJEMEN KONFLIK SEBAGAI STRATEGI MEMBANGUN PERDAMAIAN DI KABUPATEN PESAWARAN PROVINSI LAMPUNG)
1420510104_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (7MB) | Preview
[img] Text (INTEGRASI SOSIAL DAN GAYA MANAJEMEN KONFLIK SEBAGAI STRATEGI MEMBANGUN PERDAMAIAN DI KABUPATEN PESAWARAN PROVINSI LAMPUNG)
1420510104_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Keberagaman masyarakat di Indonesia yang terdiri dari berbagai macam suku, agama, ras dan budaya menjadi keunikan tersendiri bagi bangsa ini. Demikian juga dengan keharmonisan masyarakatnya yang didukung oleh pembauran dan interaksi yang baik antar masyarakat dan pemerintah sehingga dapat meminimalisir konflik yang kemungkinan terjadi di situasi masyarakat yang beragam tersebut. Dalam hal ini peneliti memfokuskan penelitian ini pada Integrasi sosial masyarakat dan gaya manajemen konflik aparatur pemerintah di Kabupaten Pesawaran dengan fokus kajian tentang: Pertama, Bagaimana pola integrasi sosial masyarakat di Kabupaten Pesawaran Provinsi Lampung. Kedua, Bagaimana gaya manajemen konflik aparatur pemerintah di Kabupaten Pesawaran Provinsi Lampung. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan atau Field Research Sedangkan dalam proses perolehan data penelitian ini menggunakan metode observasi langsung ke lokasi penelitian yaitu Kabupaten Pesawaran Provinsi Lampung dan melakukan wawancara kepada ssubjek penelitian yakni aparatur pemerintah daerah terkait focus penelitian dan beberapa masyarakat yang dapat memberikan informasi tambahan tentang penelitian tersebut selain itu peneliti juga menambahkan data-data berupa dokumentasi. Dari data yang telah diperoleh tersebut peneliti menganalisa data dengan metode analisis deskriptif-kualitatif dengan pendekatan yang digunakan adalah pendekatan sosiologi-politik. Adapun hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah: Integrasi sosial yang terjadi di masyarakat Kabupaten Pesawaran adalah pembauran masyarakat secara alami berbentuk Normatif-Fungsional dengan proses asimilasi masyarakat yang sempurna diawali dengan adanya perpindahan penduduk sejak masa kolonisasi. Pola integrasi masyarakat tersebut secara proseduralis tidak begitu terpengaruh oleh peran pemerintah melainkan masyarakat terintegrasi dengan adanya norma-norma dalam budaya masyarakat dan karena adanya keterkaitan dalam hubungan masyarakat secara fungsi seperti ekonomi dan pendidikan. Sedangkan manajemen konflik yang dilakukan oleh aparatur pemerintah setempat berupa pemecahan-pemecahan masalah yang diselesaikan secara herarkis dari pemerintah pekon sampai ke desa dan kecamatan menjadikan adanya sistematika yang selaras dengan gaya manajemen konflik yang digunakan adalah Dominasi, Integrasi dan Kompromi. Ditambah dengan kesigapan aparat setempat dalam memantau wilayah berpotensi konflik dengan menurunkan tim-tim terpadu sebagai monitor untuk menangani konflik sedini mungkin. Dengan demikian terciptanya perdamaian dalam masyarakat di Kabupaten Pesawaran didukung oleh berjalannya integrasi sosial masyarakat secara sempurna dan adanya gaya manajemen konflik yang dilakukan oleh aparatur pemerintah berupa monitoring dan pemantauaan terhadap lokasi-lokasi yang berpotensi konflik di kabupaten pesawaran.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Ahmad Muttaqin, Ph.D
Uncontrolled Keywords: manajemen konflik, membangun perdamaian
Subjects: Agama Dan Filsafat
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Agama dan Filsafat
Depositing User: H. Zaenal Arifin, S.Sos.I., S.IPI.
Date Deposited: 19 Dec 2016 15:53
Last Modified: 19 Dec 2016 15:53
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/22985

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum