ANALISIS PENGELOLAAN INSTITUTIONAL REPOSITORY MODEL OAIS (OPEN ARCHIVAL INFORMATION SYSTEM) STUDI KASUS DI PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA

MUH AHLIS AHWAN, NIM. 1320012040 (2016) ANALISIS PENGELOLAAN INSTITUTIONAL REPOSITORY MODEL OAIS (OPEN ARCHIVAL INFORMATION SYSTEM) STUDI KASUS DI PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (ANALISIS PENGELOLAAN INSTITUTIONAL REPOSITORY MODEL OAIS (OPEN ARCHIVAL INFORMATION SYSTEM) STUDI KASUS DI PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA)
1320012040_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (9MB) | Preview
[img] Text (ANALISIS PENGELOLAAN INSTITUTIONAL REPOSITORY MODEL OAIS (OPEN ARCHIVAL INFORMATION SYSTEM) STUDI KASUS DI PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA)
1320012040_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengelolaan Digital Library UIN Sunan Kalijaga berdasarkan model OAIS (Open Archival Information System) yakni model referensi perpustakaan digital dari CCSDS (Consultative Committee for Space Data System) yang diakui ISO (Interantional Standart Organisation) sebagai standar internasional 14.721. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan jenis studi kasus. Cara pengumpulan data yang dilakukan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Informan yang dipilih sebanyak 3 orang yang terdiri dari pemimpin perpustakaan, pemimpin bagian preservasi dan repository digital, dan pemimpin bagian sistem informasi dan jaringan di Perpustakaan UIN Sunan Kalijaga. Langkah untuk menganalisis data penelitian ini menggunakan tahapan reduksi data, penyajian data, dan verifikasi serta penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data dilakukan dengan cara triangulasi dan member check. Hasil analisis penelitian ini menunjukan bahwa pengelolaan Digital Library UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta sudah sangat baik untuk memenuhi komponen model OAIS, yakni producer, management, consumer, ingest, archival storage, data management, preservation planning, access, administration, Submission Information Package (SIP), Archival Information Package (AIP), dan Dissemination Information Package DIP), namun ada beberapa komponen yang belum sepenuhnya dilengkapi, yakni pada komponen producer tentang variasi koleksi yang disepakati, komponen preservation planning, yakni pemantauan terhadap komunitas tertuju (monitor designated community), pengembangan strategi pelestarian dan standar (develop packaging designs and migration plans), dan pada komponen administration yakni negosiasi kesepakatan/perjanjian penyerahan materi (negotiate submission agreement).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Agung Fatwanto, S.Si., M.Kom., Ph.D.
Uncontrolled Keywords: Institutional repository, Model OAIS (Open Archival Information System), Perpustakaan digital
Subjects: Ilmu Perpustakaan dan Informasi
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Interdisciplinary Islamic Studies > Ilmu Perpustakaan dan Informasi
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 20 Dec 2016 07:49
Last Modified: 07 Mar 2024 15:18
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/22986

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum