PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM BERBASIS INKLUSIF BAGI ANAK TUNARUNGU DI SMA NEGERI 1 SEWON (PERSPEKTIF GURU DAN SISWA) OLEH:

HARTANTI SULIHANDARI, SPDI, NIM. 1420411004 (2016) PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM BERBASIS INKLUSIF BAGI ANAK TUNARUNGU DI SMA NEGERI 1 SEWON (PERSPEKTIF GURU DAN SISWA) OLEH:. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM BERBASIS INKLUSIF BAGI ANAK TUNARUNGU DI SMA NEGERI 1 SEWON (PERSPEKTIF GURU DAN SISWA) OLEH:)
1420411004_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM BERBASIS INKLUSIF BAGI ANAK TUNARUNGU DI SMA NEGERI 1 SEWON (PERSPEKTIF GURU DAN SISWA) OLEH:)
1420411004_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi bahwa siswa tunarungu memiliki hak yang sama dengan siswa lainnya dalam mendapatkan pendidikan agama Islam. Berdasarkan realita di lapangan, mengajar kelas inklusi memerlukan keterampilan khusus. Idealnya, prinsip pendidikan yang disesuaikan dalam sekolah inklusi menyebabkan adanya tuntutan yang besar terhadap guru reguler maupun pendidik khusus. Guru harus mengajar setiap anak sesuai kebutuhan individualnya tetapi dalam setting kelas yang sama, dari berpusat pada kurikulum menjadi berpusat pada anak dan perubahan-perubahan lainnya. Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana pelaksanaan pembelajaran pendidikan agama Islam bagi anak tunarungu di SMA Negeri 1 Sewon Bantul, apa kendala yang dihadapi guru dan siswa dalam pembelajaran pendidikan agama Islam bagi anak tunarungu di SMA Negeri 1 Sewon Bantul. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan dan menganalisis data secara kritis tentang pelaksanaan pendidikan agama Islam berbasis inklusi bagi siswa tunarungu di SMA Negeri 1 Sewon Bantul serta kendala-kendala yang dihadapi guru dan siswa. Hasil penelitian ini diharapkan dapat dipergunakan sebagai acuan guru PAI dalam menerapkan pendidikan agama Islam berbasis inklusi, khususnya bagi siswa tunarungu dalam pembelajaran PAI. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan mengambil kasus di SMA Negeri 1 Sewon Bantul. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan observasi, dokumentasi, dan wawancara. Analisis data dilakukan dengan memberikan makna terhadap data yang berhasil dikumpulkan, dan dari makna itulah ditarik kesimpulan. Pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan triangulasi. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa: 1) Pembelajaran PAI berbasis inklusif tidak dapat lepas dari komponen-komponen pembelajaran, yaitu kurikulum, pendidik, anak didik, materi, metode, media dan evaluasi. Kurikulum yang digunakan adalah Kurikulum 2013 dengan modifikasi, sehingga sesuai dengan kondisi dan kebutuhan anak didik. Metode dan media pembelajaran yang disesuaikan dengan materi pelajaran. 2) Kendala guru PAI dalam menerapkan pembelajaran pendidikan PAI berbasis inklusif bagi anak tunarungu, yaitu kurangnya keterampilan guru dalam mengajar anak tunarungu. Guru PAI belum pernah mengikuti pelatihan untuk menangani anak tunarungu. Guru juga kesulitan dalam memilih metode yang tepat, kesulitan memahami bahasa anak tunarungu. Pemanfaatan media oleh guru dalam pembelajaran PAI juga belum maksimal karena keterbatasan media yang dimiliki. 3) Upaya yang dilakukan untuk mengatasi kendala tersebut antara lain dengan memberikan pelatihan bagi guru secara berkelanjutan dalam mengajar ABK, memberikan klinis pembelajaran bagi ABK secara berkelanjutan, menyampaikan materi pembelajaran dengan lafal jelas dan pelan, perlunya tambahan guru pendamping khusus.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Ro'fah, BSW, MA., P.h.D
Uncontrolled Keywords: PAI berbasis Inklusi, pembelajaran anak tunarungu
Subjects: Pendidikan Islam (Pesantren)
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Islam
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 20 Dec 2016 08:59
Last Modified: 20 Dec 2016 08:59
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/23003

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum