NILAI-NILAI NASIONALISME RELIGIUS DALAM RUBRIK DAUR (EDISI 03 SAMPAI 28 FEBRUARI 2016 RUBRIK DAUR WWW.CAKNUN.COM)

RETNO DWI NINGSIH, NIM. 12210033 (2016) NILAI-NILAI NASIONALISME RELIGIUS DALAM RUBRIK DAUR (EDISI 03 SAMPAI 28 FEBRUARI 2016 RUBRIK DAUR WWW.CAKNUN.COM). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (NILAI-NILAI NASIONALISME RELIGIUS DALAM RUBRIK DAUR (EDISI 03 SAMPAI 28 FEBRUARI 2016 RUBRIK DAUR WWW.CAKNUN.COM))
12210033_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text (NILAI-NILAI NASIONALISME RELIGIUS DALAM RUBRIK DAUR (EDISI 03 SAMPAI 28 FEBRUARI 2016 RUBRIK DAUR WWW.CAKNUN.COM))
12210033_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (912kB)

Abstract

Retno Dwi Ningsih, "NILAI-NILAI NASIONALISME RELIGIUS DALAM RUBRIK DAUR (Edisi 03 Sampai 28 Februari 2016 Rubrik Daur WWW.CAKNUN.COM)". Skripsi. Yogyakarta: Jurusan Komunikasi Penyiaran Islam, Fakultas Dakwah dan Komunikasi, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2016. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apa saja nilai-nilai nasionalisme religius pada esai dalam rubrik daur dari website Caknun.com mulai tanggal 03 Februari sampai 28 Februari 2016. Jenis penelitian yang digunakan ialah penelitian kualitatif deskriptif dengan metode analisis semiotik Roland Barthes. Metode pengumpulan data menggunakan metode dokumentasi. Kesimpulannya adalah: Dalam esai yang telah diteliti terdapat enam bentuk nilai nasionalisme, yaitu: 1) Nilai semangat berjihad, yang meliputi; harapan bagi generasi masa kini agar mau berjuang untuk kemashlahatan negeri; 2) Nilai memiliki kemauan untuk menyebarkan Amar Ma’ruf Nahi Munkar, yang meliputi; a. Tidak menambah masalah yang ada jauh lebih baik daripada tidak bisa menyelesaikan masalah; b. Perilaku LGBT adalah hal terlarang; 3) Nilai kemauan untuk menerapkan ilmu agama dan keduniaan, yang meliputi; a. Kerendahan hati sebagai penerapan ilmu agama; b. Pengkombinasian antara ilmu umum dan agama yaitu antara pancasila dan rukun islam; c. Berperilaku mandiri sebagai penerapan ilmu agama; d. Pentingnya belajar memaknai kata atau bahasan sebagai penerapan ilmu keduniaan; e. Mencari solusi untuk mengatasi masalah; f. Mengerti bahasa dan media sosial; g. Perlunya belajar ilmu sejarah; h. Dan belajar mencari ilmu apapun; 4) Nilai semangat membangun solidaritas sosial, yang meliputi; a. Kekhawatiran bagi para penerus bangsa yang nantinya akan ditinggalkan oleh para pendahulu yang mencintai negerinya; b. Perjuangan bersama yang belum berakhir. Namun dengan apa yang dilewati oleh masyarakat Indonesia telah menjadi kebanggaan; c. Pesan agar mampu menguasai diri sendiri dan kehidupan sendiri, tidak terpengaruh lingkungan yang selalu berganti-ganti isu.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Drs. Abdul Rozak, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Nilai Nasionalisme Religius, Esai, Rubrik, dan Website.
Subjects: Penyiaran Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi Penyiaran Islam (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 20 Dec 2016 08:54
Last Modified: 20 Dec 2016 08:54
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/23004

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum