PROBLEMATIKA PEMBELAJARAN KALĀM DALAM PELAJARAN BAHASA ARAB SMK MUHAMMADIYAH DI YOGYAKARTA (PERSPEKTIF PSIKOLINGUISTIK

MUHAMMAD NUR KHALIMUDDIN, SPDI, NIM. 1420411172 (2016) PROBLEMATIKA PEMBELAJARAN KALĀM DALAM PELAJARAN BAHASA ARAB SMK MUHAMMADIYAH DI YOGYAKARTA (PERSPEKTIF PSIKOLINGUISTIK. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PROBLEMATIKA PEMBELAJARAN KALĀM DALAM PELAJARAN BAHASA ARAB SMK MUHAMMADIYAH DI YOGYAKARTA (PERSPEKTIF PSIKOLINGUISTIK)
1420411172_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (PROBLEMATIKA PEMBELAJARAN KALĀM DALAM PELAJARAN BAHASA ARAB SMK MUHAMMADIYAH DI YOGYAKARTA (PERSPEKTIF PSIKOLINGUISTIK)
1420411172_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

MUHAMMADIYAH DI YOGYAKARTA (Perspektif Psikolinguistik)”. Latar belakang penelitian ini adalah pembelajaran bahasa Arab yang belum sesuai dengan tujuan, dan bukan menjadi prioritas utama di SMK Muhammadiyah. Seharusnya bahasa Arab juga diposisikan sebagai pelajaran bahasa Asing sebagai sarana latihan berkomunikasi, apalagi bahasa Arab adalah bahasa utama untuk mengkaji Al-Qur‟an dan hadits, maka seharusnya ini dapat menjadi pemicu suksesnya pembelajaran bahasa Arab. Perlu diketahui bahwa salah satu kegunaan bahasa adalah untuk berkomunikasi secara lisan untuk menyampaikan maksud kepada lawan bicara. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana guru bahasa Arab di SMK Muhammadiyah selama ini mengajarkan bahasa Arab di tengah kondisi yang bisa dikatakan belum memungkinkan, untuk mampu membuat peserta didiknya berkomunikasi dan minimal mempraktikkan bahasa Arab dalam lingkungan sekolah. Penelitian ini termasuk penelitian kualitatif yang mendeskripsikan suatu gejala melalui penelitian lapangan. Metode pengumpulan data diperoleh melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Kemudian data yang diperoleh dipadukan dan kemudian diseleksi sesuai dengan kepentingan penelitian yang sistematis dan akurat. Hasil dari penilitian ini menunjukkan bahwa problematika yang dialami dalam pembelajaran bahasa Arab, terutama dalam pembelajaran keterampilan berbicara kepada siswa SMK Muhammadiyah di Yogyakarta adalah kurangnya kurang tepatnya standar kompetensi yang ada pada silabus dalam kurikulum ISMUBA untuk kemampuan praktis siswa. Kemudian minimnya alokasi waktu pelajaran bahasa Arab yang diberikan di sekolah, sehingga para pengajar kesulitan dalam menyampaikan materi secara menyeluruh, serta hasil yang dituju hanya sebatas kemampuan kognitif saja. Selain itu guru juga harus dihadapkan dengan beberapa siswa yang belum bisa membaca dan menulis huruf Arab, sehingga perlu kerja ekstra untuk menyampaikan materi dalam waktu sesingkat itu. Kemudian faktor yang mempengaruhi adanya permasalahan tersebut adalah latar belakang pendidikan siswa yang tidak sama rata, dan buku ajar yang belum sesuai kondisi karena disama-ratakan untuk SMA/MA/SMK. Upaya yang ditempuh untuk meningkatkan kemahiran berbicara siswa oleh pengajar pun berbeda-beda, ada yang dengan hafalan, menggunakan media pembelajaran baik audio maupun visual, atau sekedar menjanjikan penilaian untuk memicu semangat belajar

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Uki Sukiman, M.Ag.
Uncontrolled Keywords: Problematika Pembelajaran Kalām, Psikolinguistik
Subjects: Pendidikan Islam (Pesantren)
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Islam
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 20 Dec 2016 10:42
Last Modified: 20 Dec 2016 10:42
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/23019

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum