EFEKTIVITAS PENDEKATAN SAINTIFIK DALAM MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR RANAH KOGNITIF SISWA KELAS IV (STUDY EKSPERIMEN DI MI MAULANA MAGHRIBI PUNDONG BANTUL) TESIS DIAJUKAN KEPADA

MUHAMMAD ASROFI, NIM. 1320422035 (2016) EFEKTIVITAS PENDEKATAN SAINTIFIK DALAM MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR RANAH KOGNITIF SISWA KELAS IV (STUDY EKSPERIMEN DI MI MAULANA MAGHRIBI PUNDONG BANTUL) TESIS DIAJUKAN KEPADA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (EFEKTIVITAS PENDEKATAN SAINTIFIK DALAM MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR RANAH KOGNITIF SISWA KELAS IV (STUDY EKSPERIMEN DI MI MAULANA MAGHRIBI PUNDONG BANTUL) TESIS DIAJUKAN KEPADA)
1320422035_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img] Text (EFEKTIVITAS PENDEKATAN SAINTIFIK DALAM MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR RANAH KOGNITIF SISWA KELAS IV (STUDY EKSPERIMEN DI MI MAULANA MAGHRIBI PUNDONG BANTUL) TESIS DIAJUKAN KEPADA)
1320422035_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi metode ceramah yang mengedepankan prinsip teacher center yang sering digunakan oleh guru yang memiliki potensi menjadi sumber kurannya keaktifan siswa dalam pembelajaran IPA di MI Maulana Maghribi. Inovasi pendekatan dalam pembellajaran dengan mengedepankan peran siswa dimungkinkan memberikan ruang keaktifan siswa. Pendekatan saintifik yang dilatarbelakangi kegiatan belajar mengajar yang kurang pasif dalam memberikan stimulus keaktifan siswa serta perubahan paradigm teacher oriented ke student oriented dimungkinkan akan membawa perubahan baik kaitannya dengan hasil belajar maupun keaktifan siswa. Penelitian ini adalah kuantitatif dengan menggunakan desain eksperimen semu (quasi experimental designs) dengan one group pretest posttest design. Penelitian ini bertujuan mengungkapkan efektifitas penerapan pendekatan saintifik dalam dalam meningkatkan keaktifan dan hasil belajar mata pelajaran IPA di kelas IV di MI Maulana Maghribi, bantul, Yogyakarta. Dilaksanakan dengan pendekatan kuantitatif: eksperimen. Populasi sekaligus sampel penelitian adalah seluruh siswa kelas IV MI Maulana Maghribi Pundong Bantul Yogyakarta tahun pelajaran 2015/2016 yang berjumlah 28 siswa. Teknik pengumpulan data primer keaktifan siswa dengan angket, sedangkan hasil belajar dengan tes. Angket telah dievaluasi validitasnya dengan analisis product moment, sedangkan tes dengan korelasi biserial, dan keduanya dievaluasi reliabilitasnya dengan teknik Cronbach Alpha, semua pertanyaan valid ( r 0.3) dengan tingkat reliabilitas yang dapat diterima (alpha cronbach 0.7). Hasil uji deskriptif mengungkapkan bahwa pembelajaran dengan pendekatan saintifik belum bisa meningkatkan keaktifan belajar siswa secara optimal. Hasil uji beda hasil belajar antara sebelum dibanding sesudah penerapan pendekatan saintifik dalam pembelajaran mendapatkan koefesien t-hit = 5.589 dengan p ≤ 0.05 (signifikan), hasil belajar sesudah penerapan (x̄ = 67.27) lebih tinggi dibanding sebelum penerapan (x̄ = 48.52).Berdasarkan hasil ini disimpulkan bahwa, penerapan pendekatan saintifik untuk pelajaran IPA pada siswa kelas IV MI Maulana Maghribi Pundong Bantul, Yogyakarta Tahun Ajaran 2015/ 2016: 1) Belum optimal dalam meningkatkan keaktifan siswa dalam belajar IPA, 2) Berhasil meningkatkan hasil belajar IPA. Mengacu kesimpulan tersebut, sekolah perlu mempertimbangkan pendekatan saintifik dalam pembelajaran IPA dalam upaya meningkatkan hasil belajar. Kesimpulan tersebut juga sebagai sinyal bahwa, pendekatan pembelajaran merupakan pengejawantahan dari strategi pembelajaran, oleh karenanya dapat digonta-ganti berdasarkan kecocokan materi pelajaran. Sebelum memutuskan menggunakan / memilih teknik yang akan digunakan, sebaiknya guru merancang strategi lebih dahulu.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr Muhammad Ja’far Luthfi, M.Si
Uncontrolled Keywords: Saintifik, Hasil Belajar, Keaktifan Siswa, Eksperimen
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Guru MI
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 20 Dec 2016 10:58
Last Modified: 20 Dec 2016 10:58
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/23021

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum