PENGARUH INTENSITAS MENGIKUTI UKM KORDISKA DAN EFEKTIVITAS KOMUNIKASI ORGANISASI TERHADAP KOMITMEN BERDAKWAH BAGI ANGGOTA KORDISKA DI UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA

DEWI MAESAROH, NIM. 12210066 (2016) PENGARUH INTENSITAS MENGIKUTI UKM KORDISKA DAN EFEKTIVITAS KOMUNIKASI ORGANISASI TERHADAP KOMITMEN BERDAKWAH BAGI ANGGOTA KORDISKA DI UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img] Text (PENGARUH INTENSITAS MENGIKUTI UKM KORDISKA DAN EFEKTIVITAS KOMUNIKASI ORGANISASI TERHADAP KOMITMEN BERDAKWAH BAGI ANGGOTA KORDISKA DI UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA)
12210066_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (4MB)
[img] Text (PENGARUH INTENSITAS MENGIKUTI UKM KORDISKA DAN EFEKTIVITAS KOMUNIKASI ORGANISASI TERHADAP KOMITMEN BERDAKWAH BAGI ANGGOTA KORDISKA DI UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA)
12210066_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (921kB)

Abstract

Komunikasi mempunyai peran besar dalam setiap kegiatan sosial, begitu juga dalam sebuah organisasi dakwah. Berbagai unsur dalam komunikasi saling memberikan kontribusi dalam pencapaian tujuan sebuah organisasi dakwah. Kelancaran dalam proses komunikasi dapat membantu pembangunan komitmen dalam sebuah organisasi dakwah. Tumbuhnya keaktifan, kesungguhan, serta sikap peduli terhadap organisasi diawali dari efektifnya komunikasi yang dibangun oleh masing-masing anggota dalam organisasi. Dengan begitu, komitmen berdakwah masing-masing anggota dalam organisasi dakwah dapat terbentuk dengan baik. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa pengaruh intensitas mengikuti organisasi dakwah dan efektivitas komunikasi organisasi terhadap komitmen berdakwah. Penelitian ini merupakan penelitian survei dengan pendekatan kuantitatif dimana data yang diperoleh adalah data primer dengan teknik pengumpulan data berupa kuesioner. Adapun teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif kuantitatif, analisis korelasi, dan analisis regresi. Peneliti juga menggunakan bantuan Program SPSS versi 17.0 guna mempermudah pengolahan data, serta menggunakan Google Form untuk membantu sebaran angket kepada para responden. Hasil penelitian menunjukkan adanya hubungan yang signifikan antara intensitas mengikuti UKM KORDISKA dengan efektivitas komunikasi organisasi, kemudian hubungan yang signifikan pula antara efektivitas komunikasi organisasi dengan komitmen berdakwah, serta adanya hubungan signifikan antara intensitas mengikuti UKM KORDISKA dengan komitmen berdakwah. Terdapat pengaruh intensitas mengikuti UKM KORDISKA dan efektivitas komunikasi organisasi secara bersama-sama terhadap komitmen berdakwah bagi anggota UKM KORDISKA di UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Kemudian tingkat intensitas anggota UKM KORDISKA dalam mengikuti kegiatan organisasi tergolong sedang, sementara tingkat efektivitas komunikasi organisasi bagi anggota UKM KORDISKA juga sedang, dan tingkat komitmen berdakwah bagi anggota UKM KORDISKA juga tergolong sedang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Musthofa, S. Ag., M. Si
Uncontrolled Keywords: Intensitas, Komunikasi Organisasi, Komitmen Berdakwah, UKM KORDISKA.
Subjects: Penyiaran Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi Penyiaran Islam (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 20 Dec 2016 10:58
Last Modified: 20 Dec 2016 10:58
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/23025

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum