EKSPERIMENTASI MEDIA INDEX CARD MATCH DALAM PEMBELAJARAN KOSA KATA BAHASA ARAB DI MTsN PUNDONG BANTUL

AGUS SARIYANTO NIM.02421182, pith (2009) EKSPERIMENTASI MEDIA INDEX CARD MATCH DALAM PEMBELAJARAN KOSA KATA BAHASA ARAB DI MTsN PUNDONG BANTUL. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (EKSPERIMENTASI MEDIA INDEX CARD MATCH DALAM PEMBELAJARAN KOSA KATA BAHASA ARAB DI MTsN PUNDONG BANTUL)
BAB I, V.pdf - Published Version

Download (825kB) | Preview
[img] Text (EKSPERIMENTASI MEDIA INDEX CARD MATCH DALAM PEMBELAJARAN KOSA KATA BAHASA ARAB DI MTsN PUNDONG BANTUL)
BAB ,II,III, IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (137kB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan antara pembelajaran Bahasa Arab dengan menggunakan media index card match dengan pembelajaran Bahasa Arab tanpa menggunakan media index card match pada siswa kelas VII di MTsN Pundong Bantul. Hasil penelitian ini diharapkan akan dapat memberikan kontribusi pemikiran bagi para pendidik dalam memilih dan menggunakan media pendidikan khususnya dalam pembelajaran Bahasa Arab. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif, dengan mengambil latar di MTsN Pundong Bantul. POpulasi penelitian ini adalah siswa kelas VII MTsN Pundong Bantul tahun ajaran 2007/2008 sebanyak 113 siswa, dalam penelitian ini diambil dua kelompok yaitu kelompok eksperimen yang diberi perlakuan dan kelompok kontrol sebagai pembanding. Pengambilan sampel dilakukan secara acak dengan ukuran sampel sebanyak 28 siswa untuk kelompok eksperimen dan 28 siswa untuk kelompok kontrol. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode observasi, interview, dokumentasi dan tes, untuk perhitungan analisis data menggunakan rumus statistik uji quot;t quot; atau tes quot;t quot;. Analisis data meliputi analisis deskriprif dengan menggunakan rumus tes quot;t quot; dari analisis tersebut dihasilkan nilai to ttab (3,110 2,01) dengan nilai rata-rata untuk kelompok eksperimen yang menggunakan media index card match dalam pembelajaran bahasa Arab sebesar 13,259 karena to ttab maka dinyatakan Ho (hipotesa nihil) ditolak Untuk pengujian instrumen menggunkaan uij validitas dengan menggunakan rumus product moment, dan uji realibilitas menggunakan rumus Karl Pearson. Dari analisis data terbukti instrument dinyatakan valid dan reliabel yaitu rtt rtab pada taraf signifikansi 5% masing-masing diperoleh (0,587 0,374) untuk validitas dan (0,590 0,367 kelompok eksperimen, 0,780 0,367 kelompok kontrol) untuk realibilitas. Hasil penelitian menunjukkan : 1. media index card match terbukti dapat membantu peningkatan memori kosakata siswa MTsN Pundong Bantul dalam pembelajaran kosakata bahasa Arab khususnya pada siswa kelas VIIC. 2. Skor rata-rata post tes kelompok eksperimen sebesar 17,037 sedangkan kelompok kontrol sebesar 13,259. Rata-rata peningkatan kelompok eksperimen sebesar 10,252, sedangkan kontrol sebesar 5,867. Uji quot;t quot; menunjukkan bahwa to ttab pada taraf signifikansi 5% yaitu 3,110 2,01 ini semua menunjukkan perbedaan yang signifikan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Drs. H. Ahmad Rodli, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Eksperimentasi, Media Index Card Match, Pembelajaran, Kosakata, Bahasa Arab
Subjects: Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: Miftakhul Yazid Fuadi [staff it]
Date Deposited: 06 Aug 2012 18:53
Last Modified: 03 Apr 2017 08:18
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/2304

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum