PROVOKATOR PERDAMAIAN DARI TIMUR (STUDI ATAS GERAKAN PROVOKATOR DAMAI DALAM UPAYA PEACEBUILDING DI AMBON PASCA-KONFLIK 2011-2015)

SAMSUDIN BUAMONA B, SFILI, NIM. 1420510008 (2016) PROVOKATOR PERDAMAIAN DARI TIMUR (STUDI ATAS GERAKAN PROVOKATOR DAMAI DALAM UPAYA PEACEBUILDING DI AMBON PASCA-KONFLIK 2011-2015). Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img] Text (PROVOKATOR PERDAMAIAN DARI TIMUR (STUDI ATAS GERAKAN PROVOKATOR DAMAI DALAM UPAYA PEACEBUILDING DI AMBON PASCA-KONFLIK 2011-2015))
1420510008_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (8MB)
[img] Text (PROVOKATOR PERDAMAIAN DARI TIMUR (STUDI ATAS GERAKAN PROVOKATOR DAMAI DALAM UPAYA PEACEBUILDING DI AMBON PASCA-KONFLIK 2011-2015))
1420510008_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Gerakan Provokator Damai (GPD) di Ambon merupakan sebuah gerakan sosial, bergerak pada ranah perdamaian yang muncul sebagai respon terhadap perubahan situasi Kota Ambon pada September 2011 yang ditandai dengan terjadinya bentrok antar warga di dusun Waringin, salah satu wilayah perbatasan Islam-Kristen di Kota Ambon. Sikap mudah terprovokasinya warga masyarakat Ambon terhadap informasi dan rumor yang beredar saat itu, sempat membawa masyarakat Kota Ambon kembali ke ingatan masa lalu mereka tentang konflik berdarah 1999-2004 yang mengakibatkan ribuan jiwa melayang, ratusan ribu orang mengungsi belum lagi rumah dan infrastruktur lainnya yang rusak total. Olehnya karena itu, salah satu tugas GPD ialah bagaimana agar bentrok yang terjadi tidak mengundang banyak perhatian masyarakat kota Ambon yang pada akhirnya dapat mengakibatkan meluasnya konflik tersebut. Adapun masalah yang dikaji dalam penelitian ini adalah: (1) bagaimana respon GPD terhadap kericuhan 11 September 2016; (2) apa kontribusi dari GPD dalam upaya peacebulding di Kota Ambon pasca-konflik 2011-2015. Pada tulisan ini penulis menggunakan perspektif Gerakan sosial Sidney G. Tarrow sebagai pisau analisis apa dan bagaimana gerakan Provokator damai dalam memobilisasi anggotanya serta kontribusi GPD dalam memobilisasi masyarakat Kota Ambon pada perdamaian pasca-konflik 2011-2015. Penelitiaan ini merupakan jenis riset kualitatif, dengan teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Pemilihan informan didasarkan pada keterwakilan. Informan dipilih dengan menggunakan teknik purposive sampling dan snowball sampling. Informan yang perlukan yakni, beberapa Aktor GPD dan beberapa orang warga Dusun Waringin. Temuan atau hasil penelitian ini adalah: Pertama, respon GPD terkait kericuhan 11 september 2011 ialah bersama-sama seluruh elemen masyarakat di Kota Ambon (seperti pemerintah, aparat keamanan, masyarakat adat dan berbagai LSM yang bergerak pada ranah perdamaian) dalam upaya meredam konflik agar tidak melebar lebih luas. Respon GPD terhadap situasi di Kota Ambon September 2016 dalam bentuk melawan dan menyeimbangi isu, rumor dan pemberitaan yang saat itu beredar baik dari masyarakat lokal sendiri maupun dari unsur media, terutama media elektronik seperti TV Nasional yang terkesan bombatis dan tidak proporsional dalam menyampaikan berita yang dapat membuat ketegangan masyarakat Ambon maupun lainnya yang mendengar berita tentang situasi Ambon saat itu. Hal ini ditempuh dengan cara mengklarifikasi setiap memantau dan mengklarifikasi setiap pemberitaan yang dimunculkan saat itu dan kemundian diverifikasi ketika ditemukan kejelasan selanjutnya disebarkan kembali baik melalui media sosial mapun sms. Kedua, Upaya yang dilakukan GPD dalam peacebuilding pasca-konflik ialah dengan mengadakan Dialog Lintas Agama Berbasis Komunitas. Dialog ini merupakan upaya GPD dengan menggunakan strategi pertemanan yang disebut dengan “strategi menganyam tikar pandan”.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Ahmad Muttaqin, M.A., Ph.D.
Uncontrolled Keywords: Gerakan Provokator Damai (GPD), konflik di Ambon
Subjects: Agama Dan Filsafat
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Agama dan Filsafat
Depositing User: H. Zaenal Arifin, S.Sos.I., S.IPI.
Date Deposited: 21 Dec 2016 09:20
Last Modified: 21 Dec 2016 09:20
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/23040

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum