IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK DI MIN BENER PURWOREJO JAWA TENGAH

GUNIK SEPTIANI, NIM. 1420421006 (2016) IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK DI MIN BENER PURWOREJO JAWA TENGAH. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img] Text (IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK DI MIN BENER PURWOREJO JAWA TENGAH OLEH: GUNIK SEPTIANI NIM. 1420421006 TESIS DIAJUKAN KEPADA PASCASARJANA UIN SUNAN KALIJAGA UNTUK MEMENUHI SALAH SATU SYARAT GUNA MEMPEROLEH GELAR MAGISTER DALAM ILMU)
1420421006_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (9MB)
[img]
Preview
Text (IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK DI MIN BENER PURWOREJO JAWA TENGAH OLEH: GUNIK SEPTIANI NIM. 1420421006 TESIS DIAJUKAN KEPADA PASCASARJANA UIN SUNAN KALIJAGA UNTUK MEMENUHI SALAH SATU SYARAT GUNA MEMPEROLEH GELAR MAGISTER DALAM ILMU)
1420421006_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah penerapan pendekatan dalam pembelajaran saat ini diarahkan untuk memberdayakan semua potensi yang dimiliki siswa melalui upaya menumbuhkan dan mengembangkan sikap, pengetahuan, dan keterampilan. Untuk mewujudkan pembelajaran tersebut, maka Indonesia menggunakan pembelajaran dengan pendekatan saintifik. MIN Bener merupakan sekolah model atau percontohan dalam mengimplementasikan Kurikulum Nasional yang menjadikan saintifik sebagai pendekatan pembelajaran. Pada penelitian ini fokus kajiannya adalah konsep, implementasi dan keberhasilan pembelajaran dengan pendekatan saintifik di MIN Bener Purworejo. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis konsep, implementasi dan keberhasilan pembelajaran dengan pendekatan saintifik di MIN Bener Purworejo. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif yang bertempat di MIN Bener Purworejo. Pengambilan subyek penelitian, meliputi kepala madrasah, guru kelas II A, guru kelas V, serta siswa kelas II A dan kelas V. Kelas II A dan kelas V dipilih sebagai representasi kelas bawah dan kelas atas. Metode pengambilan data melalui metode observasi, wawancara dan dokumentansi. Sedangkan analisis data dalam penelitian ini menggunakan teori Miles and Haberman dengan tahapan data reduction, data display dan conclusion drawing/ferification. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) konsep pembelajaran dengan pendekatan saintifik bersifat tematik yakni mengintegrasikan berbagai mata pelajaran ke dalam berbagai tema. Perencanaan aktivitas pembelajaran meliputi kegiatan pendahuluan, kegiatan inti dan penutup. Sedangkan komponen dalam rencana pelaksanaan pembelajaran meliputi kompetensi atau tujuan yang akan dicapai; materi; metode; media dan sumber belajar; skenario pembelajaran, serta penilaian.2) Implementasi pembelajaran dengan pendekatan saintifik di kelas II A dan V meliputi kegiatan pendahuluan, kegiatan inti dan penutup. Pada kegiatan pendahuluan digunakan sebagai aperspse, pada kegiatan inti guru menyampaikan materi menggunakan tahapan mengamati, menanya, mencari informasi, menalar, dan berkomunikasi. Pada kegiatan penutup digunakan untuk pretest, game dan doa. Perbedaan mendasar proses belajar di kelas II A proses pengurutan dan klasifikasi. Sedangkan di kelas V sudah pada proses, reversibility dan konservasi. 3) Keberhasilan pembelajaran dengan pendekatan saintifik di kelas II A pada nilai sikap 46% sangat menguasai 35.5% mulai berkembang, sedangkan di kelas V 79% sudah menguasai. Pada penilaian keterampilan 90.75% sedangkan di kelas V di atas 87.6% tuntas. Pada penilaian pengetahuan di kelas II A 92.% mampu mencapai kriteria sedangkan di kelas V 79% mendapatkan nilai sangat baik dan 21% mendapatkan nilai baik

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Maemonah, M.Ag.
Uncontrolled Keywords: Implementasi, Pembelajaran, Pendekatan Saintifik
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Guru MI
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 21 Dec 2016 10:35
Last Modified: 21 Dec 2016 10:35
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/23058

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum