UPAYA KEPALA SEKOLAH MENINGKATKAN KINERJA GURU MELALUI PENDEKATAN PARTISIPATIF DI SD UNGGULAN AISYIYAH BANTUL

BESTIANA NIZHOMI, NIM. 1420421026 (2016) UPAYA KEPALA SEKOLAH MENINGKATKAN KINERJA GURU MELALUI PENDEKATAN PARTISIPATIF DI SD UNGGULAN AISYIYAH BANTUL. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (UPAYA KEPALA SEKOLAH MENINGKATKAN KINERJA GURU MELALUI PENDEKATAN PARTISIPATIF DI SD UNGGULAN AISYIYAH BANTUL)
1420421026_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (UPAYA KEPALA SEKOLAH MENINGKATKAN KINERJA GURU MELALUI PENDEKATAN PARTISIPATIF DI SD UNGGULAN AISYIYAH BANTUL)
1420421026_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Kinerja guru adalah wujud nyata dari hasil kerja guru selama melaksanakan tugas di sekolah. Guru adalah ujung tombak pelaksanaan pendidikan di sekolah. Namun demikian, keberhasilan guru dalam pelaksanaan pendidikan di sekolah tidak terlepas dari peran kepemimpinan kepala sekolah. Kepala sekolah SDUA dalam melaksanakan tugasnya sebagai pemimpin selalu berusaha untuk meningkatkan kinerja anak buahnya. Dalam hal ini, beliau melakukan pendekatan partisipatif sebagai upaya meningkatkan kinerja anak buahnya. Pendekatan partisipatif yakni melibatkan anak buahnya baik dalam keikutsertaannya mengambil keputusan maupun dalam pelaksanaannya. Tujuan penelitian ini adalah pertama, untuk mengetahui peran kepala sekolah dalam upaya meningkatkan kinerja guru melalui pendekatan partisipatif di SD Unggulan Aisyiyah Bantul. Kedua, untuk mengetahui langkah-langkah yang dilakukan kepala sekolah dalam upaya meningkatkan kinerja guru melalui pendekatan partisipatif di SD Unggulan Aisyiyah Bantul. Teori yang digunakan dalam penelitian ini antara lain teori tentang peran kepala sekolah, kinerja guru dan kepemimpinan partisipatif. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif analitis. Teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling. Jadi, sumber data dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, pendidik dan dokumen-dokumen terkait. Adapun teknik pengumpulan data yang peneliti gunakan dalam tesis ini adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan verifikasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, pertama, Peran Kepala SD Unggulan Aisyiyah dalam meningkatkan kinerja guru ditunjukkan dengan peran beliau sebagai educator, manajer, administrator, supervisor, leader, innovator dan motivator. Melalui pendekatan partisipatif, beliau melakukan pembinaan disiplin guru, pembangkitan motivasi dan penghargaan guna meningkatkan kinerja guru di SD Unggulan Aisyiyah. Kedua, Langkah-langkah kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja guru dimulai dari manajemen kinerja guru, proses manajemen kinerja guru mencakup perencanaan kinerja guru, peningkatan kinerja guru dan evaluasi kinerja guru. Langkah tersebut cukup terbukti cukup berhasil meningkatkan kinerja guru. Hal ini dapat dilihat dari kinerja guru yang semakin baik dan aturan yang telah dibuat ditaati dan dilaksanakan oleh masyarakat sekolah. Dalam hal ini ada dua faktor yang mempengaruhi kinerja guru yakni faktor intern atau berasal dari kepercayaan diri guru itu sendiri dan faktor

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Sangkot Sirait, M.Ag
Uncontrolled Keywords: Kepemimpinan Kepala Sekolah, Pendekatan Partisipatif, Kinerja Guru
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Guru MI
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 21 Dec 2016 11:12
Last Modified: 21 Dec 2016 11:12
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/23062

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum