PENGARUH BELANJA MODAL, PROFITABILITAS, UKURAN PERUSAHAAN, DAN RATING OBLIGASI TERHADAP STRUKTUR PENDANAAN

SUMARTI, NIM. 12390048 (2016) PENGARUH BELANJA MODAL, PROFITABILITAS, UKURAN PERUSAHAAN, DAN RATING OBLIGASI TERHADAP STRUKTUR PENDANAAN. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGARUH BELANJA MODAL, PROFITABILITAS, UKURAN PERUSAHAAN, DAN RATING OBLIGASI TERHADAP STRUKTUR PENDANAAN)
12390048_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (4MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH BELANJA MODAL, PROFITABILITAS, UKURAN PERUSAHAAN, DAN RATING OBLIGASI TERHADAP STRUKTUR PENDANAAN)
12390048_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (917kB)

Abstract

Struktur modal merupakan salah satu faktor fundamental dalam kegiatan operasional perusahaan. Struktur modal didefinisikan sebagai gambaran proporsi pendanaan perusahaan yang terdiri dari hutang dan ekuitas yang menjadi sumber dana perusahaan. Sumber pendanaan tersebut bisa berasal dari dana internal ataupun eksternal perusahaan. Struktur modal merupakan salah satu faktor yang harus dipertimbangkan investor sebelum melakukan investasi. Hal ini dikarenakan struktur modal memberikan pernyataan informatif dan memberikan sinyal mengenai rasio tingkat hutang terhadap ekuitasnya. Penelitian ini bertujuan menganalisis pengaruh belanja modal, profitabilitas, ukuran perusahaan, dan rating obligasi terhadap struktur modal. Penelitian ini menggunakan data sekunder dengan sumber data yang berasal dari Bursa Efek Indonesia dan Pemeringkat Efek Indonesia. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Sampel penelitian ini adalah 25 perusahaan yang terdaftar di Indeks Saham Syari’ah Indonesia (ISSI) selama kurun waktu tahun 2012-2014. Teknik analisis yang digunakan adalah Analisis Regresi Data Panel dengan menggunakan program Eviews 8. Salah satu teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori pecking order. Hasil dari penelitian ini bahwa pada pengujian secara parsial, belanja modal berpengaruh positif signifikan terhadap struktur modal, profitabilitas berpengaruh negatif signifikan terhadap struktur modal, ukuran perusahaan berpengaruh positif signifikan terhadap struktur modal, dan rating obligasi tidak berpengaruh terhadap struktur modal.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: DIAN NURIYAH SOLISSA, SHI., M.Si.
Uncontrolled Keywords: belanja modal, profitabilitas, ukuran perusahaan, rating obligasi,struktur modal, teori pecking order
Subjects: Keuangan Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Keuangan Syariah (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 21 Dec 2016 11:51
Last Modified: 21 Dec 2016 11:51
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/23065

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum