PERAN PEREMPUAN DALAM MUSIK ISLAMI PADA GRUP HADRAH AL-MARATUS SHOLIHAH DI DUSUN PINTU KECAMATAN DAGANGAN KABUPATEN MADIUN

FITRIA ROSYIDAH JAMIL, NIM. 12720043 (2016) PERAN PEREMPUAN DALAM MUSIK ISLAMI PADA GRUP HADRAH AL-MARATUS SHOLIHAH DI DUSUN PINTU KECAMATAN DAGANGAN KABUPATEN MADIUN. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PERAN PEREMPUAN DALAM MUSIK ISLAMI PADA GRUP HADRAH AL-MARATUS SHOLIHAH DI DUSUN PINTU KECAMATAN DAGANGAN KABUPATEN MADIUN)
12720043_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text (PERAN PEREMPUAN DALAM MUSIK ISLAMI PADA GRUP HADRAH AL-MARATUS SHOLIHAH DI DUSUN PINTU KECAMATAN DAGANGAN KABUPATEN MADIUN)
12720043_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (893kB)

Abstract

Hadrah merupakan musik Islami yang umumnya dimainkan oleh laki-laki. Instrumen yang dimainkan yaitu rebana masih didominasi kaum laki-laki, walaupun begitu tidak menutup kemungkinan bahwa perempuan tidak bisa memainkannya. Grup hadrah Al-Maratus Sholihah di Dusun Pintu Kecamatan Dagangan Kabupaten Madiun adalah grup Hadrah perempuan yang mencoba untuk menggebrak musik Hadrah yang berjenis Hadrah Banjari untuk menunjukkan bahwa perempuan juga bisa berkreativitas. Grup ini mencoba untuk menerapkan wacana gender bahwa laki-laki dan perempuan itu setara dan berhak untuk berkreativitas walaupun didalam syariat Islam, perempuan tidak diperbolehkan akan tetapi itu hanya pendapat dari sebagian ulama saja. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran grup hadrah dalam mengelola grup dan untuk mengetahui peran perempuan dalam mengelola grup hadrah atau seni musik Islami. Penelitian ini menggunakan konsep Gender Mansour Fakih yang membahas tuntas mengenai ketidakadilan gender. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode deskriptif kualitatif dengan pengumpulan data Observasi, wawancara, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa Grup Al-Maratus Sholihah yang ada di Dusun Pintu Kecamatan Dagangan Kabupaten Madiun bahwa kesetaraan gender itu sudah ada namun unsur budaya patriarki pun tidak bisa ditinggalkan oleh masyarakat. Terlihat dari ketika perempuan diberikan kesempatan untuk berkesenian akan tetapi masih saja keputusan di tangan laki-laki. Peran grup hadrah Al-Maratus Sholihah yaitu sebagai pemimpin, peran sebagai pembuat musik, perjuangan peran ganda dalam musik, mereka juga menyampaikan wacana gender kepada masyarakat. Peran lainnya adalah perempuan mampu berkesenian walaupun masih dihadapkan adanya tekanan-tekanan budaya patriarki.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Achmad Zaenal Arifin, Ph. D
Uncontrolled Keywords: Peran Perempuan, Musik Islami.
Subjects: Sosiologi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora > Sosiologi (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 21 Dec 2016 12:35
Last Modified: 21 Dec 2016 12:35
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/23081

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum