KAJIAN TEORITIS PENGARUH GUGUS TRIFENILAMIN DAN ASAM SIANOASETAT PADA PELARGONIDIN SEBAGAI SENYAWA DYE SEL SURYA TERSENSITASI (DSSC)

GANDUR SEMBODO AFFANDI, NIM. 12630030 (2016) KAJIAN TEORITIS PENGARUH GUGUS TRIFENILAMIN DAN ASAM SIANOASETAT PADA PELARGONIDIN SEBAGAI SENYAWA DYE SEL SURYA TERSENSITASI (DSSC). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (KAJIAN TEORITIS PENGARUH GUGUS TRIFENILAMIN DAN ASAM SIANOASETAT PADA PELARGONIDIN SEBAGAI SENYAWA DYE SEL SURYA TERSENSITASI (DSSC))
12630030_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (KAJIAN TEORITIS PENGARUH GUGUS TRIFENILAMIN DAN ASAM SIANOASETAT PADA PELARGONIDIN SEBAGAI SENYAWA DYE SEL SURYA TERSENSITASI (DSSC))
12630030_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan secara teoritis untuk memperkirakan sifat-sifat dan efisiensi modifikasi senyawa DSSC. Modifikasi yang dilakukan menggunakan pelargonidin sebagai senyawa utama, asam sianoasetat sebagai akseptor elektron, dan senyawa trifenilamin (TPA) sebagai donor elektron. Parameter teoritis yang akan digunakan modifikasi adalah panjang ikatan antara Ti dan molekul sensitizer, spektra, serta posisi kerapatan elektron pada posisi HOMO dan LUMO. Optimasi geometri menggunakan software Nw-Chem basis set 6-31G*. Optimasi keadaan dasar menggunakan metode DFT-B3LYP dan optimasi keadaan tereksitasi menggunakan metode TDDFT. Hasil penelitian dari parameter panjang ikatan menunjukkan bahwa antara Ti dan molekul sensitizer umumnya berikatan. Pada parameter energi ikat menunjukkan bahwa pelargonidin + sianoasetat memiliki selisih energi HOMO-LUMO yang kecil yaitu 2,552 eV. Hasil spektra yang berperan efektif dalam DSSC adalah pelargonidin + sianoasetat yang memiliki serapan panjang gelombang 411,874 nm dan 475,943 nm. Parameter kerapatan elektron dalam pada posisi HOMO-LUMO menunjukkan bahwa pengaruh trifenilamin sebagai donor elektron tidak signifikan meningkatkan efisiensi sel surya, sebaliknya peran sianoasetat cenderung berpengaruh dalam efisiensi sel surya. Modifikasi pelargonidin terbaik yang mampu meningkatkan efisiensinya sebagai dye sel surya adalah pelargonidin + sianoasetat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pedy Artsanti, M.Sc.
Uncontrolled Keywords: DSSC, eksitasi, HOMO & LUMO, dan Pelargonidin.
Subjects: Kimia
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Kimia (S1)
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 21 Dec 2016 13:34
Last Modified: 21 Dec 2016 13:34
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/23092

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum