EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN MATEMATIKA MENGGUNAKAN PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING LEARNING (CTL) DIPADUKAN DENGAN STRATEGI THINK TALK WRITE (TTW) TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP DAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA

SITI FAUZIAH, NIM. 11600025 (2016) EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN MATEMATIKA MENGGUNAKAN PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING LEARNING (CTL) DIPADUKAN DENGAN STRATEGI THINK TALK WRITE (TTW) TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP DAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN MATEMATIKA MENGGUNAKAN PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING LEARNING (CTL) DIPADUKAN DENGAN STRATEGI THINK TALK WRITE (TTW) TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP DAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA)
11600025_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (6MB) | Preview
[img] Text (EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN MATEMATIKA MENGGUNAKAN PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING LEARNING (CTL) DIPADUKAN DENGAN STRATEGI THINK TALK WRITE (TTW) TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP DAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA)
11600025_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas pembelajaran matematika menggunakan pendekatan Contextual Teaching Learning (CTL) yang dipadukan dengan strategiThink Talk write (TTW) terhadap pemahaman konsep dan komunikasimatematis siswa. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah quasi eksperiment dengan desain penelitian non equivalent control group design. Variabel dalam penelitian ini terdiri dari variabel bebas, yaitu pendekatan CTL yang dipadukan dengan strategi TTW, sedangkan variabel terikat dalam penelitian ini adalah pemahaman konsep dan komunikasi matematis siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII di SMP Negeri 12 Yogyakarta tahun ajaran 2015/2016, sedangkan sampel dari penelitian ini adalah siswa kelas VIII E sebagai kelas kontrol dan siswa kelas VIII D sebagai kelas eksperimen. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini berupa pretest dan posttest. Instrumen tes yang digunakan disusun berdasarkan indikator pemahaman konsep dan indikator komunikasi matematis. Teknik analisis data penelitian menggunakan uji-t independent sample t testuji Mann-Whitney U dengan bantuan SPSS, sebelumnya dilakukan uji prasyarat yaitu uji normalitas dan homogenitas variansi. Berdasarkan analisis data hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan pendekatan Contextual Teaching Learning (CTL) yang dipadukan dengan metode Think Talk Write(TTW) lebih efektif daripada model pembelajaran konvensional terhadap pemahaman konsep dan komunikasi matematis siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Mulin Nu’man, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Contextual Teaching Learning, Think Talk Write, Pemahaman konsep, komunikasi matematis.
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Matematika (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 22 Dec 2016 08:23
Last Modified: 22 Dec 2016 08:23
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/23140

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum