EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STRUCTURED DYADIC METHODS (SDM) DILENGKAPI DENGAN MIND MAP UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP DAN DISPOSISI MATEMATIS SISWA

WAHYU SRI HARTUTIK, NIM. 12600024 (2016) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STRUCTURED DYADIC METHODS (SDM) DILENGKAPI DENGAN MIND MAP UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP DAN DISPOSISI MATEMATIS SISWA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STRUCTURED DYADIC METHODS (SDM) DILENGKAPI DENGAN MIND MAP UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP DAN DISPOSISI MATEMATIS SISWA)
12600024_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (12MB) | Preview
[img] Text (EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STRUCTURED DYADIC METHODS (SDM) DILENGKAPI DENGAN MIND MAP UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP DAN DISPOSISI MATEMATIS SISWA)
12600024_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui interaksi antara pembelajaran dan kemampuan awal matematika (KAM) terhadap peningkatan kemampuan pemahaman konsep dan disposisi matematis siswa. Tujuan lainnya adalah untuk mengetahui efektivitas pembelajaran kooperatif tipe Structured Dyadic Methods (SDM) dilengkapi dengan Mind Map terhadap peningkatan kemampuan pemahaman konsep dan disposisi matematis siswa. Penelitian quasi experiment ini menggunakan non-equivalent control group design melibatkan 62 siswa yang sudah dikelompokkan ke dalam dua kelas, yaitu kelas VIII A dan VIII C pada SMP Negeri 2 Godean. Variabel dalam penelitian ini meliputi variabel bebas berupa pembelajaran kooperatif tipe SDM dilengkapi dengan Mind Map, variabel terikat berupa kemampuan pemahaman konsep dan disposisi matematis, serta variabel kontrol meliputi KAM. Instrumen yang digunakan adalah tes kemampuan pemahaman konsep dan skala disposisi matematis. Data dianalisis menggunakan uji anova dua jalur yang sebelumnya telah dilakukan uji prasayarat, yaitu uji normalitas dan uji homogenitas. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tidak ada interaksi antara pembelajaran dan KAM terhadap peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa. Ada interaksi antara pembelajaran dan KAM terhadap peningkatan disposisi matematis siswa. Pembelajaran kooperatif tipe SDM dilengkapi dengan Mind Map lebih efektif terhadap peningkatan kemampuan pemahaman konsep dan disposisi matematis daripada pembelajaran konvensional.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Ibrahim, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Efektivitas, Structured Dyadic Methods (SDM), Mind Map, Pemahaman Konsep, Disposisi Matematis.
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Matematika (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 22 Dec 2016 08:38
Last Modified: 22 Dec 2016 08:38
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/23143

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum