PENINGKATAN KEMAMPUAN LITERASI DAN DISPOSISI MATEMATIS SISWA SMP MELALUI METODE PEMBELAJARAN CHALK TALK DENGAN PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL)

MAULIDIAH, NIM. 12600037 (2016) PENINGKATAN KEMAMPUAN LITERASI DAN DISPOSISI MATEMATIS SISWA SMP MELALUI METODE PEMBELAJARAN CHALK TALK DENGAN PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENINGKATAN KEMAMPUAN LITERASI DAN DISPOSISI MATEMATIS SISWA SMP MELALUI METODE PEMBELAJARAN CHALK TALK DENGAN PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL))
12600037_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (11MB) | Preview
[img] Text (PENINGKATAN KEMAMPUAN LITERASI DAN DISPOSISI MATEMATIS SISWA SMP MELALUI METODE PEMBELAJARAN CHALK TALK DENGAN PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL))
12600037_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ada atau tidaknya interaksi antara pembelajaran dan kemampuan awal matematis (KAM) terhadap peningkatan kemampuan literasi dan disposisi matematis siswa. Selain itu, untuk mengetahui peningkatan kemampuan literasi dan disposisi matematis siswa yang memperoleh metode pembelajaran Chalk Talk dengan pendekatan CTL dibanding siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional. Jenis penelitian ini adalah quasi experiment dengan non-equivalent control group design. Variabel dalam penelitian ini meliputi variabel bebas berupa metode pembelajaran Chalk Talk dengan pendekatan CTL dan KAM, serta variabel terikat berupa kemampuan literasi matematis dan disposisi matematis. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 3 Depok, dengan sampel siswa kelas VIII B dan VIII C. Instrumen yang digunakan adalah soal pretest dan posttest kemampuan literasi matematis, skala disposisi matematis, dan lembar catatan lapangan. Teknik analisis data menggunakan uji anova dua jalur (dengan taraf signifikansi 5%). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tidak ada interaksi antara pembelajaran dan KAM terhadap peningkatan kemampuan literasi dan disposisi matematis siswa. Selain itu, peningkatan kemampuan literasi matematis siswa yang memperoleh metode pembelajaran Chalk Talk dengan pendekatan CTL lebih baik dibanding siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional, sedangkan peningkatan disposisi matematis siswa yang memperoleh metode pembelajaran Chalk Talk dengan pendekatan CTL tidak lebih baik dibanding siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Ibrahim, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Metode pembelajaran Chalk Talk dengan pendekatan CTL, kemampuan literasi matematis dan disposisi matematis.
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Matematika (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 22 Dec 2016 08:42
Last Modified: 22 Dec 2016 08:42
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/23145

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum