TINJAUAN HUKUM ISLAM TERHADAP PERKOSAAN ANAK DALAM UNDANG-UNDANG NO. 35 TAHUN 2014 TENTANG PERLINDUNGAN ANAK (UUPA)

MOHAMMAD WAFIQ HASBI, NIM. 12350095 (2016) TINJAUAN HUKUM ISLAM TERHADAP PERKOSAAN ANAK DALAM UNDANG-UNDANG NO. 35 TAHUN 2014 TENTANG PERLINDUNGAN ANAK (UUPA). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (TINJAUAN HUKUM ISLAM TERHADAP PERKOSAAN ANAK DALAM UNDANG-UNDANG NO. 35 TAHUN 2014 TENTANG PERLINDUNGAN ANAK (UUPA))
12350095_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (4MB) | Preview
[img] Text (TINJAUAN HUKUM ISLAM TERHADAP PERKOSAAN ANAK DALAM UNDANG-UNDANG NO. 35 TAHUN 2014 TENTANG PERLINDUNGAN ANAK (UUPA))
12350095_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (987kB)

Abstract

Maraknya kasus perkosaan yang terjadi di Indonesia memberikan rasa kecemasan bagi seluruh kalangan masyarakat. Banyak sebab yang melatarbelakangi terjadinya kasus perkosaan tersebut diantaranya yaitu faktor psikis dan kejiwaan, faktor merosotnya norma susila dan kontrol sosial, faktor interaksi dan situasi, faktor kemajuan teknologi dan ilmu pengetahuan. Tindakan perkosaan sangatlah merugikan bagi wanita yang menjadi korban dari kasus tersebut. Oleh sebab itulah bagaimana negara Indonesia memberikan hak-hak perlindungan kepada korban perkosaan, dan khususnya perlindungan kasus perkosaan yang korbannya anak seorang anak. Karena anak adalah aset bangsa. Dan Indonesia merupakan negara dengan mayoritas berpenduduk umat muslim, yang tidak dipungkiri banyak aturan-aturan yang harusnya sesuai dengan aturan-aturan umat Islam. Berdasarkan uraian tersebut, maka penyusun mengidentifikasi pokok masalah agar pembahasan skrisipsi ini lebih terarah. Adapun pokok permasalahannya yaitu bagaimanakah perlindungan hak bagi anak yang menjadi korban perkosaan dalam Undang-undang perlindungan anak ditinjau dari hukum islam. Penelitian ini berjenis penelitian pustaka (library research), yaitu jenis penelitian yang penyusun lakukan dengan menggunakan buku-buku sebagai sumber datanya dan juga sebagai sumber utamanya. Sedangkan penelitian ini bersifat deskriptif-analisis. Maksudnya bahwa penyusun berupaya untuk mendeskripsikan makna bentuk-bentuk perlindungan Undang-undang Perlindungan Anak terhadap anak sebagai korban perkosaan. Kemudian menganalisa dari data yang ada yang selanjutnya dianalisis dari pandangan hukum Islam. Hasil dari penelitian ini adalah bahwa perlindungan yang telah diberikan Undang-undang Perlindungan Anak terhadap anak sebagai korban perkosaan yaitu adanya edukasi tentang kesehatan reproduksi, nilai agama dan kesusilaan, rehabilitasi sosial, telah dibenarkan oleh hukum Islam. Karena telah sesuai dengan kaidah hukum Islam dalam memberikan perlindungan kepada hak manusia, yaitu hifż an-nafs dan hifż an-nasl.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Hukum Keluarga
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Al-Ahwal Asy-Syakhsiyyah (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 22 Dec 2016 09:47
Last Modified: 22 Dec 2016 09:47
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/23172

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum