PENDIDIKAN AGAMA ISLAM BERWAWASAN PLURALISME AGAMA (TELAAH MUATAN NILAI TOLERANSI PADA BUKU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI TINGKAT SMA DALAM KURIKULUM 2013)

GANJAR RACHMAWAN ADIPRANA, NIM.11470123 (2016) PENDIDIKAN AGAMA ISLAM BERWAWASAN PLURALISME AGAMA (TELAAH MUATAN NILAI TOLERANSI PADA BUKU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI TINGKAT SMA DALAM KURIKULUM 2013). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENDIDIKAN AGAMA ISLAM BERWAWASAN PLURALISME AGAMA (TELAAH MUATAN NILAI TOLERANSI PADA BUKU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI TINGKAT SMA DALAM KURIKULUM 2013))
11470123_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text
11470123_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (903kB)

Abstract

Materi pelajaran buku PAI dan Budi Pekerti terbitan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan tahun 2014 kelas XI, pada halaman 170, memuat materi tentang pemikiran Muhammad bin Abdul Wahab yang membolehkan umat Islam membunuh seseorang atau kelompok yang tidak seagama dengannya. Sementara pada hal 184, dalam buku yang sama, memuat ajaran toleransi sebagai alat pemersatu bangsa. Pertentangan yang terjadi dalam buku tersebut, melandasi penelitian ini yang bertujuan untuk mengetahui muatan nilai toleransi dan penanaman sikap toleran bagi siswa SMA melalui buku Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti bagi SMA pada kelas X dan kelas XI. Dengan menggunakan penelitian jenis studi pustaka, data primer diperoleh dari buku Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti bagi SMA dalam Kurikulum 2013. Sedangkan data sekunder yang mencakup konsep Pluralisme Agama, didapat dari buku Nurcholish Madjid yang berjudul Islam Doktrin Peradaban. Menggunakan pendekatan filosofis-historis, penelitian ini mengaitkan dan menginterpretasikan secara logis-sistematis konsep Pluralisme, yang dimana salah satu poinnya adalah sikap toleran, dengan materi pelajaran dalam buku PAI dan Budi Pekerti terbitan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Adapun hasil dari penelitian ini, menyimpulkan bahwa: 1. Muatan nilai toleransi pada Buku PAI dan Budi Pekerti SMA Kurikulum 2013, mencakup pembahasan toleransi dalam 1 bab khusus di buku PAI dan Budi Pekerti kelas XI, dengan tema “Toleransi sebagai alat pemersatu bangsa” Sedangkan 7 bab materi pelengkap yang mengajarkan tentang toleransi, terdapat dalam buku PAI dan Budi Pekerti kelas X dengan tema pembahasan “Aku selalu dekat dengan Allah Swt”, “Meniti hidup dengan kemuliaan”, “Meneladani perjuangan Rasulullah di Madinah”, dan dalam buku PAI dan Budi Pekerti kelas XI dalam bab “Al-Qur’an sebagai pedoman hidup”, “Membangun Bangsa melalui perilaku taat, kompetisi dalam kebaikan, dan etos kerja”, serta “Rasul-Rasul itu kekasih Allah Swt”. 2. Penanaman sikap toleran siswa SMA melalui buku Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti, diawali dari memberi penilaian fenomena kekerasan, pembakaran rumah ibadah, dan tawuran pelajar dengan pendekatan agama, sosial, dan budaya. Kemudian membaca qur’an surat Yunus ayat 40-41, dan Al-Maa’idah ayat 32 sesuai tajwid, yang dilanjut dengan menghafal. Lalu mengkaji hadis Nabi Muhammad SAW tentang adab bertetangga yang baik, disertai pembahasan UU No.23 tahun 2002 dan UU No. 23 tahun 2004 tentang larangan melakukan tindak kekerasan dalam diskusi kelompok sisw

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Prof. Dr. Abdul Munir Mulkhan SU
Uncontrolled Keywords: Buku Pendidikan Agama Islam (PAI) dan Budi Pekerti, Pluralisme, Toleransi,
Subjects: Kependidikan Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Kependidikan Islam (S1)
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 22 Dec 2016 10:43
Last Modified: 22 Dec 2016 10:43
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/23182

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum