PERILAKU PEMILIH PILKADA SERENTAK 2015 DALAM PERSPEKTIF SIYASAH (STUDI DI DUSUN PUGERAN KELURAHAN MAGUWOHARJO KECAMATAN DEPOK KABUPATEN SLEMAN YOGYAKARTA)

MUKHYIDDIN, NIM. 11370086 (2016) PERILAKU PEMILIH PILKADA SERENTAK 2015 DALAM PERSPEKTIF SIYASAH (STUDI DI DUSUN PUGERAN KELURAHAN MAGUWOHARJO KECAMATAN DEPOK KABUPATEN SLEMAN YOGYAKARTA). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PERILAKU PEMILIH PILKADA SERENTAK 2015 DALAM PERSPEKTIF SIYASAH (STUDI DI DUSUN PUGERAN KELURAHAN MAGUWOHARJO KECAMATAN DEPOK KABUPATEN SLEMAN YOGYAKARTA))
11370086_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (14MB) | Preview
[img] Text (PERILAKU PEMILIH PILKADA SERENTAK 2015 DALAM PERSPEKTIF SIYASAH (STUDI DI DUSUN PUGERAN KELURAHAN MAGUWOHARJO KECAMATAN DEPOK KABUPATEN SLEMAN YOGYAKARTA))
11370086_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Setiap individu dalam memilih pemimpin memiliki kriteria masing-masing karena kriteria yang dimiliki seorang pemimpin dapat berpengaruh terhadap pemerintahannya. Dalam hal ini warga Dusun Pugeran saat memilih bupati pada pilkada serentak tentu didasari oleh kriteria pemimpin yang mereka dambakan. Penelitian ini dilakukan karena kebudayaan masyarakat Pugeran yang bermacammacam yang disebabkan oleh banyaknya pendatang di Dusun Pugeran. Islam dalam menentukan pemimpin juga memiliki kriteria yang masuk dalam teori Siyasah Syar’iyah. Teori tersebut dipaparkan pula oleh beberapa tokoh teori Islam di antaranya Al-Mawardi, Ibnu Taimiyah dan Nabi Muhammad SAW. Dalam penelitiannya, peneliti menggunakan jenis penelitian lapangan dan penelitian deskriptif analitik untuk pendekatan dalam penelitian ini adalah pendekatan sosiologis politik. Dalam pengumpulan data di Dusun Pugeran peneliti menggunakan metode studi literatur dan wawancara yang sumber datanya di dapat dari data primer dan sekunder. Hasil dari penelitian lapangan menunjukkan bahwa masyarakat Dusun Pugeran Maguwoharjo Depok Sleman dalam memilih pemimpin memiliki kriteria yang sesuai dengan kriteria pemimpin menurut teori Siyasah Syar’iyah. Salah satu bakal calon Bupati Sleman Yuni Satya Rahayu dianggap masyarakat Dusun Pugeran yang paling layak menduduki jabatan Bupati. Meski ia seorang perempuan dari salah satu hadits menjelaskan bahwa jika perempuan itu memiliki kemampuan yang diperlukan maka ia diperbolehkan untuk menduduki jabatan pemimpin.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. AHMAD PATTIROY, M.Ag.
Uncontrolled Keywords: Pilkada Serentak, Kriteria Pemimpin dan Siyasah Syar’iyah
Subjects: Hukum Islam
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Jinayah Siyasah (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 22 Dec 2016 10:52
Last Modified: 22 Dec 2016 10:52
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/23185

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum