MANAJEMEN STRATEGIS KEPALA SEKOLAH DALAM UPAYA PENGENTASAN PUTUS SEKOLAH DI SMP TERBUKA BANSARI, TEMANGGUNG, JAWA TENGAH

IMRO’ATUL KARIMAH, NIM. 12490059 (2016) MANAJEMEN STRATEGIS KEPALA SEKOLAH DALAM UPAYA PENGENTASAN PUTUS SEKOLAH DI SMP TERBUKA BANSARI, TEMANGGUNG, JAWA TENGAH. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (MANAJEMEN STRATEGIS KEPALA SEKOLAH DALAM UPAYA PENGENTASAN PUTUS SEKOLAH DI SMP TERBUKA BANSARI, TEMANGGUNG, JAWA TENGAH)
12490059_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (7MB) | Preview
[img] Text (MANAJEMEN STRATEGIS KEPALA SEKOLAH DALAM UPAYA PENGENTASAN PUTUS SEKOLAH DI SMP TERBUKA BANSARI, TEMANGGUNG, JAWA TENGAH)
12490059_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

IMRO’ATUL KARIMAH. Manajemen Strategis Kepala Sekolah dalam Upaya Pengentasan Putus Sekolah di SMP Terbuka Bansari, Temanggung, Jawa Tengah. Skripsi. Yogyakarta: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2016 Latar belakang penelitian ini berawal dari masih adanya masyarakat yang belum bisa memperoleh pendidikan karena terkendala berbagai faktor terutama faktor ekonomi. Oleh karena itu, SMP Terbuka yang dijadikan program untuk mengatasi masalah pemerataan pendidikan, perlu menerapkan manajemen strategis sebagai salah satu usaha agar SMP Terbuka mampu memecahkan masalah mengenai angka putus sekolah. Tujuan penelitian ini adalah untuk memperoleh gambaran yang nyata tentang manajemen strategis di SMP Terbuka dalam upaya pengentasan angka putus sekolah. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Sasarannya adalah seluruh warga sekolah yang terlibat. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitattif dengan pengumpulan data menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Selanjutnya dilakukan validasi data dengan triangulasi sumber. Teknik analisis data dengan cara mereduksi data, menyajikan data dan menarik kesimpulan. Dalam hal ini peneliti akan mengungkap mengenai upaya pengentasan putus sekolah melalui penerapaan manajemen strategis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Sistem pendidikan di SMP Terbuka Bansari sama dengan sistem pendidikan di SMP reguler yang terdiri dari komponen peserta didik, tenaga pendidik dan kependidikan, kurikulum, sarana, prasarana, dan hasil, perbedaanya terletak pada adanya dua fungsi guru dan proses pembelajarannya yang menekankan belajar mandiri. (2) Penerapan manajemen strategis kepala sekolah dalam upaya pengentasan putus sekolah di SMP Terbuka Bansari sudah terlaksana dengan baik. Penerapan manajemen strategis ini dilakukan melalui pengamatan lingkungan, perumusan strategi, implementasi strategi dan evaluasi. Melalui manajemen strategis upaya pengentasan putus sekolah dapat tercapai dengan baik. (3) Terdapat faktor pendukung dan penghambat dalam pengentasan putus sekolah yaitu, (a) faktor pendukung : tidak adanya pungutan biaya pendidikan, proses pembelajaran yang fleksibel dan status lulusan SMP Terbuka yang sama dengan SMP reguler, dan (b) faktor penghambat yaitu faktor internal peserta didik (kurang disiplin, rasa malas, dan rasa malu), dan faktor ekonomi keluarga.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Zainal Arifin, M.SI
Uncontrolled Keywords: Manajemen Strategis, SMP Terbuka, Putus Sekolah
Subjects: Manajemen dan Kebijakan Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 22 Dec 2016 11:32
Last Modified: 22 Dec 2016 11:32
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/23204

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum