MANAJEMEN PENGASUHAN SANTRI AUTIS DI PONDOK PESANTREN AINUL YAKIN BANTUL D.I YOGYAKARTA

RATNA HESTIANA, NIM. 12490068 (2016) MANAJEMEN PENGASUHAN SANTRI AUTIS DI PONDOK PESANTREN AINUL YAKIN BANTUL D.I YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (MANAJEMEN PENGASUHAN SANTRI AUTIS DI PONDOK PESANTREN AINUL YAKIN BANTUL D.I YOGYAKARTA)
12490068_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (6MB) | Preview
[img] Text (MANAJEMEN PENGASUHAN SANTRI AUTIS DI PONDOK PESANTREN AINUL YAKIN BANTUL D.I YOGYAKARTA)
12490068_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Ratna Hestiana, 12490068. Manajemen Pengasuhan Santri Autis di Pondok Pesantren Ainul Yakin Bantul D.I Yogyakarta, Skripsi Yogyakarta : Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2016. Penelitian ini dilatar belakangi oleh meningkatnya jumlah anak autis di negara kita bukan hanya tanggung jawab medis saja tetapi menjadi tanggung jawab kita bersama. Anak autis cenderung kurang mendapat perhatian dari berabagai pihak sedangkan anak autis harus mendapatkan . Sejalan dengan permasalahan tersebut maka adanya pondok pesantren anak autis sangat mendukung untuk perkembangan anak autis sehingga anak autis bisa menjali hidup dengan lebih baik. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data melalui observasi nonpartisipant, wawancara mendalam dan dokumentasi. Teknik analisis data melalui reduksi data, penyajian data dan menarik kesimpulan. Pemeriksaan keabasahan data dengan cara triangulasi teknik dan triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukkan : (1) manajemen pengasuhan santri autis di Pondok Pesantren Ainul Yakin (a) perencanaan untuk santri-santri autis dengan adanya program RPTS (Rencana Program Treetmen Santri) dan didalamnya menggunaka kurikulum ILTS (Isma Learning Theraphy School) digunakan untuk menerapi santri-santri yang berkebutuhan khusus (b) pengorganisasian manajemen pengasuhan santri autis menurut jenjang pendidikan dan pengalaman serta kemampuan dalam bidangnya (c) pengkoordinasian atau pelaksanaan untuk perencanaan yang telah ditetapkan (d) pengawasan yang dilakukan oleh atasan atau pimpinan pengasuh untuk pengasuh dan pengasuh untuk santri yang dilakukan setiap hari dengan berkeliling mengotrol setiap kegiatan yang berlangsung. (2) pola pengasuhan santri autis pondok pesantren ainul yakin menggunakan pola pengasuhan permisif yang dimana santri autis belum bisa berfikir secara layaknya orang normal. (3) faktor pendukung dan penghambat untuk pengasuhan pondok pesantren ainul yakin ada beberapa macam (a) faktor pendukung untuk pengasuh adalah rasa simpati kepada santri dan faktor kesejahteraan sedangkan untuk santri yaitu faktor dukungan dari lingkungan baik lingkungan keluarga, pesantren maupun masyarakat, (b) faktor penghambat utntuk pengasuh adalah ketika santri sulit untuk dibilangi atau dinasihati sedangkan untuk santri yaitu faktor sarana dan prasarana yang kurang memadai dan faktor psikologi yang kadang kala kurang stabil

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Zainal Arifin, S.Pd.I., M.S.I
Uncontrolled Keywords: Manajemen Pengasuhan, Pola Pengasuhan, Autis
Subjects: Manajemen dan Kebijakan Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 22 Dec 2016 11:55
Last Modified: 22 Dec 2016 11:55
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/23209

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum