MANAJEMEN BANK SAMPAH MADRASAH (STUDY KASUS PROGRAM JUMAT BERSIH PADA MAN YOGYAKARTA II SEBAGAI SEKOLAH ADIWIYATA)

SITI NUR SAMSIYAH, NIM. 12490078 (2016) MANAJEMEN BANK SAMPAH MADRASAH (STUDY KASUS PROGRAM JUMAT BERSIH PADA MAN YOGYAKARTA II SEBAGAI SEKOLAH ADIWIYATA). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (MANAJEMEN BANK SAMPAH MADRASAH (STUDY KASUS PROGRAM JUMAT BERSIH PADA MAN YOGYAKARTA II SEBAGAI SEKOLAH ADIWIYATA))
12490078_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (10MB) | Preview
[img] Text (MANAJEMEN BANK SAMPAH MADRASAH (STUDY KASUS PROGRAM JUMAT BERSIH PADA MAN YOGYAKARTA II SEBAGAI SEKOLAH ADIWIYATA))
12490078_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Bahan sisa pakai atau yang lebih familian disebut sampah adalah sesuatu yang kerap kli dihindari oleh masyarakat. Sampah kerap kali diidentikkan dengan kotor, bau, limbah dan pencemaran. Padahal, sampah idak selalu berarti buruk dan menjijikkan. Itulah sebabnya dibutuhkan pengetahuan dan pengalaman dalam mengelola sampah, sehingga mampu mengubah sampah menjadi barang membawa berkah. Penelitian dengan latar tempat MAN Yogyakarta II ini lakukan dengan tujuan untuk mengetahui bagaimana manajemen pengeloaan bank sampah pada madrasah yang telah bergelar Sekolah Adiwiyata dijalankan. Melalui peran bank sampah yang dikelola oleh madrasah dan mitra Rekana sampah yang dihasilkan madrasah akan ditabungkan ke bank sampah pusat Yogyakarta. Metode penelitian yang peneliti gunakan adalah metode kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Data yang diperoleh akan diolah dan dianalisis menggunakan metode analisis deskriptif- kualitatif, dengan tahapan transcript, coding, grouping, contrasting, naratif dan pengambilan kesimpulan. Hasil dari penelitian manajemen pengelolaan bank sampah pada program Jumat bersih MAN YK II sebagai sekolah adiwiyata adalah sebagai berikut: (1) Manajemen Pengelolaan Bank sampah MAN YK II mngadopsi teori GR. Terry, hanya saja planning dan controling. Pengelolaan bank sampah melibatkan Kepala Madrasah, Kesiswaan, Kurikulum, Sarana Dan Humas (2) program Jumat bersih sebagai wadah untuk melakukan aktivitas Adiwiyata belum berjalan maksimal, terbukti dengan tidak adanya aktivitas adiwiyata lain, selain bank sampah pada Jumat bersih. (3) Handmade, atau kerajinan tangan buatan siswa-siswi MAN YK II bearagam jenis, ada tas, kotak pensil, bantal, bunga, bros dll. Jika dilihat dari bahan yang digunakan ada sampah kertas, sampah plastik dan sampah kardus

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Subiyantoro, M.Ag
Uncontrolled Keywords: Manajemen, Bank sampah madrasah, Jumat bersih, Handmade
Subjects: Manajemen dan Kebijakan Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 22 Dec 2016 12:08
Last Modified: 22 Dec 2016 12:08
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/23210

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum