IMPLEMENTASI FUNGSI-FUNGSI MANAJEMEN DALAM PEMBERDAYAAN EKS PSIKOTIK JALANAN DI PANTI SOSIAL PONDOK DHU’AFA HAFARA BANTUL YOGYAKARTA

ISNAINI WULANSARI, NIM. 12490126 (2016) IMPLEMENTASI FUNGSI-FUNGSI MANAJEMEN DALAM PEMBERDAYAAN EKS PSIKOTIK JALANAN DI PANTI SOSIAL PONDOK DHU’AFA HAFARA BANTUL YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (IMPLEMENTASI FUNGSI-FUNGSI MANAJEMEN DALAM PEMBERDAYAAN EKS PSIKOTIK JALANAN DI PANTI SOSIAL PONDOK DHU’AFA HAFARA BANTUL YOGYAKARTA)
12490126_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (11MB) | Preview
[img] Text (IMPLEMENTASI FUNGSI-FUNGSI MANAJEMEN DALAM PEMBERDAYAAN EKS PSIKOTIK JALANAN DI PANTI SOSIAL PONDOK DHU’AFA HAFARA BANTUL YOGYAKARTA)
12490126_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Isnaini Wulansari. Implementasi Fungsi-Fungsi Manajemen Dalam Pemberdayaan Eks Psikotik Jalanan di Panti Sosial Pondok Dhu’afa Hafara Bantul Yogyakarta. Skripsi. Yogyakarta: Jurusan Manajemen Pendidikan Islam Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga, 2016. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan fungsi-fungsi manajemen dalam upaya pemberdayaan eks psikotik jalanan di Panti Sosial Pondok Dhu’afa Hafara dan kendala apa saja serta bagaimana solusi yang dilakukan oleh lembaga. Penelitian ini menarik untuk dikaji, karena mengingat banyak lembaga berbasis masyarakat kesulitan atau memiliki kelemahan dalam mengelola organisasi untuk bisa tetap bertahan dan terus berkembang. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif yaitu penelitian yang langsung terjun di lapangan untuk mendapatkan informasi dan data secara terperinci dan mendalam terkait penerapan fungsi-fungsi manajemen dalam pemberdayaan eks psikotik jalanan. Proses pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode observasi, wawancara, dan observasi. Analisis data menggunakan reduksi data, paparan data baik berupa tabel maupun gambar, serta penarikan kesimpulan berdasarkan fakta-fakta yang ditemukan untuk menjawab fokus permasalahn penelitian. Sedangkan untuk keabsahan data menggunakan teknik triangulasi data dengan menggunakan teknik dan sumber yang berbeda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Implementasi fungsi-fungsi manajemen dalam pemberdayaan eks psikotik merujuk kepada fungsi-fungsi manajemen menurut George R. Terry yaitu perencanaan (planning), pengorganisasian (organizing), penggerak (actuating), dan pengawasan (controlling). (2) Permasalahan yang menjadi penghambat terletak pada karakter masing-masing warga binaan psikotik yang berbeda-beda sehingga memerlukan perlakuan yang berbeda pula dan kualitas SDM pekerja sosial di panti yang kurang maksimal dalam mengabdi kepada lembaga sehingga menimbulkan ketidakloyalan khususnya pekerja sosial yang masih berstatus mahasiswa. (3) Hasil dari pemberdayaan eks psikotik melalui berbagai macam kegiatan life skill menunjukkan peningkatan pada aspek: keterampilan (life skill), kerohanian, kemandirian, dan sikap saling gotong royong serta kekeluargaan yang solid.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Ahmad Arifi, M. Ag
Uncontrolled Keywords: Implementasi, Fungsi-Fungsi Manajemen, Pemberdayaan
Subjects: Manajemen dan Kebijakan Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 22 Dec 2016 12:14
Last Modified: 22 Dec 2016 12:14
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/23213

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum