KEMUNCULAN DAN PERKEMBANGAN KEPUSTAKAAN ISLAM MASA AWAL ISLAM (MasaKenabian, Sahabat dan Daulah Bani Umayyah di Syria)

Hak, Nurul (2016) KEMUNCULAN DAN PERKEMBANGAN KEPUSTAKAAN ISLAM MASA AWAL ISLAM (MasaKenabian, Sahabat dan Daulah Bani Umayyah di Syria). In: Antologi Interdisciplinary Islamic Studies. [s.n.], Yogyakarta, pp. 111-136. (In Press)

[img]
Preview
Text (KEMUNCULAN DAN PERKEMBANGAN KEPUSTAKAAN ISLAM MASA AWAL ISLAM (MasaKenabian, Sahabat dan Daulah Bani Umayyah di Syria))
NURUL_HAK_.pdf - Published Version

Download (38MB) | Preview

Abstract

ntuk mengkaji sejarah kepustakaan dalam konteks Islam dapat diawali dengan kajian perspektif historis kontekstual mengenai kemunculan dan perkembangan kepustakaan dalam Islam. Ada tiga tesis yang dapat dikembangkan untuk mengkaji sejarah kemunculan dan perkembangan kepustakaan dalam Islam. Pertama, kepustakaan Islam awalnya muncul (berawal) dari tradisi keilmuan Islam, meskipun dalam perkembangannya mengadopsi tradisi keilmuan Yunani dan yang lainnya. Kedua, kepustakaan Islam berkembang seiring dengan perkembangan daulah dan masyarakat Islam.Dan ketiga, kepustakaan Islam berkembang melalui difusi (diffusion) atau penyebaran dan akulturasi pelbagai budaya; Arab, Persia, Greek (Yunani), Romawi dll. Ketiga tesis ini berdasarkan pada fakta sejarah dan kebudayaan awal Islam. Afzal Iqbal membagi dinamika kebudayaan awal Islam kepada tiga gerakan; gerakan keagamaan (Islam), gerakan sejarah dan gerakan filsafat.1 Gerakan pertama, yaitu keagamaan akan menjadi awal perbincangan dalam kaitannya dengan tesis yang diajukan bahwa kemunculan kepustakaan Islam berasal dari tradisi keagamaan Islam. Dalam maknanya yang luas, ia juga merupakan bagian dari kebudayaan dan peradaban Islam, sehingga kajiannya dari sisi historis tidak dapat dipisahkan dari keduanya

Item Type: Book Section
Uncontrolled Keywords: kepustakaan Islam
Subjects: Ilmu Perpustakaan
Divisions: Artikel (Terbitan Luar UIN)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 23 Dec 2016 16:18
Last Modified: 27 Dec 2016 15:06
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/23239

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum