EFEKTIVITAS PENDIDIKAN MORAL MATEMATIKA DENGAN MODEL TREFFINGER TERHADAP KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS DAN PENGEMBANGAN KARAKTER SISWA

LULU’ FAJRIYYATUS SYIFA, NIM. 12600004 (2016) EFEKTIVITAS PENDIDIKAN MORAL MATEMATIKA DENGAN MODEL TREFFINGER TERHADAP KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS DAN PENGEMBANGAN KARAKTER SISWA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (EFEKTIVITAS PENDIDIKAN MORAL MATEMATIKA DENGAN MODEL TREFFINGER TERHADAP KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS DAN PENGEMBANGAN KARAKTER SISWA)
12600004_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (24MB) | Preview
[img] Text (EFEKTIVITAS PENDIDIKAN MORAL MATEMATIKA DENGAN MODEL TREFFINGER TERHADAP KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS DAN PENGEMBANGAN KARAKTER SISWA)
12600004_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas pendidikan moral matematika dengan model Treffinger dibandingkan dengan model pembelajaran konvensioanal terhadap kemampuan penalaran matematis. Selain itu, untuk mengetahui efektivitas pendidikan moral matematika dengan model Treffinger dibandingkan dengan model pembelajaran konvensional terhadap pengembangan karakter siswa. Jenis penelitian ini adalah quasi experimental dengan desain nonequivalent control group. Variabel penelitian terdiri dari satu variabel bebas yaitu pendidikan moral matematika dengan model Treffinger dan dua variabel terikat yaitu kemampuan penalaran matematis dan karakter siswa. Populasi penelitian terdiri dari seluruh siswa kelas VIII di SMP Negeri 1 Pleret, Bantul, Yogyakarta tahun ajaran 2015/ 2016 yang berjumlah 217 siswa. Sampel penelitian terdiri dari siswa kelas VIII B sebagai kelas eksperimen dengan treatment berupa pembelajaran pendidikan moral matematika dengan model Treffinger dan siswa kelas VIII E sebagai kelas kontrol dengan pembelajaran konvensional. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan statistik parametrik inferensial yaitu independent samples t-test. Analisis data dilakukan dengan bantuan software SPSS 16.0 Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pendidikan moral matematika dengan model Treffinger lebih efektif dibandingkan dengan pembelajaran konvensional terhadap kemampuan penalaran matematis. Selain itu, pendidikan moral matematika dengan model Treffinger tidak lebih efektif dibandingkan dengan pembelajaran konvensional terhadap pengembangan karakter siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr.Hj. Khurul Wardati, M.Si.,
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Moral Matematika dengan model Treffinger, kemampuan penalaran matematis, pengembangan karakter
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Matematika (S1)
Depositing User: H. Zaenal Arifin, S.Sos.I., S.IPI.
Date Deposited: 23 Dec 2016 09:09
Last Modified: 23 Dec 2016 09:09
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/23244

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum