EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN STAD (STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION) DENGAN TALKING STICK TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP DAN KEAKTIFAN SISWA KELAS VII SMP

MIA MU'THIAH, NIM. 09600008 (2016) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN STAD (STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION) DENGAN TALKING STICK TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP DAN KEAKTIFAN SISWA KELAS VII SMP. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN STAD (STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION) DENGAN TALKING STICK TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP DAN KEAKTIFAN SISWA KELAS VII SMP)
09600008_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (13MB) | Preview
[img] Text (EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN STAD (STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION) DENGAN TALKING STICK TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP DAN KEAKTIFAN SISWA KELAS VII SMP)
09600008_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini memiliki dua tujuan. Pertama, untuk mengetahui efektifitas pembelajaran matematika di kelas VII SMP Muhammadiyah Imogiri dengan menggunakan model pembelajaran STAD dengan Talking Stick dibandingkan dengan pembelajaran menggunakan metode konvensional ditinjau dari pemahaman konsep matematika siswa. Kedua, untuk mengetahui efektifitas pembelajaran matematika di kelas VII SMP Muhammadiyah Imogiri dengan menggunakan model pembelajaran STAD dengan Talking Stick dibandingkan dengan pembelajaran menggunakan metode konvensional ditinjau dari keaktifan siswaa. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu (quasi exsperiment) dengan desain nonequivalent control group design. Variabel dalam penelitian ini meliputi variabel bebas berupa penggunaan model pembelajaran STAD dengan Talking Stick, dan variabel terikat berupa pemahaman konsep dan keaktifan siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Muhamadiyah Imogiri yang berjumlah 94 siswa. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik simple random sampling. Terpilih kelas VII C sebagai kelas eksperimen dan kelas VII D sebagai kelas kontrol. Teknik analisis data yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah menggunakan uji U Mann Whitney dengan bantuan SPSS. Berdasarkan uji U Mann Whitney terhadap gain tes diperoleh nilai sig. sebesar 0.032 0.05; artinya pembelajaran matematika dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan Talking Stick lebih efektif terhadap peningkatan pemahaman konsep matematika siswa dibandingkan dengan menggunakan model pembelajaran konvensional. Adapun terhadap gain angket keaktifan siswa diperoleh nilai sig. sebesar 0.205 0.05; artinya pembelajaran matematika dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan Talking Stick tidak lebih efektif terhadap keaktifan siswa dibandingkan dengan pembelajaran menggunakan model konvensional.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Suparni, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Efektivitas, STAD (Student Teams Achievement Division), Talking Stick, Pemahaman Konsep, Keaktifan.
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Matematika (S1)
Depositing User: H. Zaenal Arifin, S.Sos.I., S.IPI.
Date Deposited: 23 Dec 2016 10:14
Last Modified: 23 Dec 2016 10:14
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/23253

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum